Mohon tunggu...
Ariefka Diana Rentsa
Ariefka Diana Rentsa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kpopers

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bahasa Indonesia dalam Berbhineka Tunggal Ika

30 Oktober 2020   20:58 Diperbarui: 30 Oktober 2020   21:10 10 0 0 Mohon Tunggu...

Bahasa indonesia sendiri merupakan bahasa yang digunakan sehari-hari oleh hampir semua kalangan masyarakat indonesia baik dalam berkomunikasi secara langsung maupun secara pesan antarsesama. Karena, bahasa indonesia merupakan bahasa nasional dan telah di resmikan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang telah mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan. Adapun tujuannya terjadi perubahan adalah untuk menyempurnakan Bahasa indonesia. Bahasa indonesia merupakan salah satu dari banyaknya varietas bahasa melayu.

Dasar bahasa yang dipakai untuk dasar bahasa indonesia baku merupakan bahasa melayu tinggi.   Bahasa juga mempunyai fungsi sebagai berikut : a. Transaksional yakni bahasa dapat membawa informasi faktual atau pesan. b. Interaksional atau bisa mengekspresikan relasi sosial dan sikap pribadinya.Sehari setelah pengumuman Kemerdekaan Indonesia, ditandatangani dan dicanangkan dalam Undang-Undang 1945 pada pasal 36 Bab XV bahwasanya Bahasa Indonesia adalah bahasa negara dan telah ditetapkan secara sah.

Kedudukan bahasa Indonesia dalam bahasa Nasional didapatkan sejak tanggal 28 Oktober 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa pemersatu. Dan fungsinya menjadi lambang negara atau identitas negara, menjadi lambang kebanggaan bangsa indonesia, menjadi alat penghubung antar budaya dan antar daerah serta sebagai pemersatu masyarakat yang mempunyai latar belakang sosial budaya  dan bahasa yang berbeda.

 Selain itu, kedudukan bahasa Indonesia yang nomor 2 yaitu sebagai bahasa resmi. Dimana bahasa indonesia berfungsi sebagai bahasa pengantar resmi pada lembaga-lembaga pendidikan dan bahasa resmi dalam perhubungan ke tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan dalam pembangunan serta pemerintahan serta pengembangan budaya dan pemanfaatan IPTEK.

VIDEO PILIHAN