Mohon tunggu...
Muhammad Arief Ardiansyah
Muhammad Arief Ardiansyah Mohon Tunggu... Bioengineer Indonesia

Selamat berbelanja di etalase pemikiran saya.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

4 Skenario dan Estimasi Waktu Berakhirnya Covid-19 di Indonesia

28 Maret 2020   13:21 Diperbarui: 28 Maret 2020   18:20 5649 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Skenario dan Estimasi Waktu Berakhirnya Covid-19 di Indonesia
Virus Corona dengan nama resmi SARS-CoV-2 (UCSF Global Health Service).

Sudah hampir satu bulan, sejak pertama kali diumumkannya kasus virus Corona di Indonesia oleh Presiden Jokowi. Ribuan orang sudah dinyatakan positif terinfeksi oleh virus ini. Jumlah korban meninggal pun sudah hampir menyentuh angka ratusan.

Pandemi ini memang sudah membuat masyarakat tercebur kedalam kegelisahan. Para pejabat di tingkat pusat dan daerah juga terpaksa harus terus melakukan evaluasi kebijakan. Mencoba beradaptasi dalam kondisi yang penuh ketidakpastian.

Meskipun begitu, pembelajaran dari pandemi yang sudah-sudah dapat membantu kita memahami kemungkinan skenario berakhirnya pandemi yang sedang kita hadapi ini. Skenario tersebut dapat menjadi landasan kita dalam memprediksi kapan waktu berakhirnya pandemi Covid-19 di negeri kita tercinta ini.

Skenario 1: Vaksin Berhasil Diselesaikan dan Didistribusikan

Seperti digambarkan dalam permainan Plague Inc, virus itu bisa berhenti menginfeksi manusia setelah vaksinnya berhasil ditemukan dan didistribusikan kepada semua orang di muka bumi.

WHO (World Health Organization) sendiri sudah menetapkan peta jalan pembentukan vaksin SARS-CoV-2 yang diharapkan dapat selesai dalam waktu kurang dari 2 tahun. Jika berjalan mulus, hal ini akan menjadi pencapaian luar biasa karena vaksin umumnya baru dapat diselesaikan paling cepat 4 tahun.

Kemajuan vaksin sejauh ini ialah sudah dimulainya tes klinis kepada manusia yang berlangsung di Cina dan di Amerika. Jika tidak ditemukan halangan berarti, vaksin SARS-CoV-2 diperkirakan akan dapat disempurnakan paling cepat pada akhir tahun nanti.

Produksi massal dan pendistribusian vaksin itu sendiri mau tidak mau harus memakan waktu beberapa bulan. Oleh karenanya, dalam skenario yang pertama ini diperkirakan pandemi Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada pertengahan tahun 2021 yang akan datang.

Skenario 2: Covid-19 Dapat Diatasi Secara Mandiri oleh Para Pengidapnya

Pada dasarnya tubuh kita memang dapat memproduksi antibodi sendiri dalam menghadapi berbagai macam patogen yang masuk ke dalam tubuh. Mekanisme yang melalui berbagai tahapan ini disebut self-healing.

Ribuan orang yang berhasil dinyatakan sembuh dari virus Corona di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, disebabkan oleh skenario yang satu ini. Kesembuhan mereka didukung oleh fasilitas kesehatan yang memadai dan pengobatan yang bersifat suportif.

Dengan angka kesembuhan yang semakin tinggi, didorong dengan upaya penghentian penyebaran yang massif, bukan tidak mungkin virus Corona lambat laun dapat dianggap layaknya flu musiman (seasonal flu) pada umumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN