Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Widz Stoops, Kartini Masa Kini Pendukung Literasi Anak Negeri

24 April 2023   17:04 Diperbarui: 24 April 2023   18:48 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri tangkap layar akun Widz Stoops di Kompasiana

Siapa penulis perempuan berikutnya yang ingin saya ulas? Tentu saja Kompasianer Widz Stoops. Anda tentu pernah mendengar nama Beliau kan? saya menyapanya dengan sebutan Mbak Widz. Koq bisa kenal? dari mana coba? Tentu saja di Kompasiana. Saya ingin berkisah tentang pertemanan saya dengan Mbak Widz selama ini. 

Have to saya honestly, Mbak Widz boleh dibilang sebagai perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong agar tulisan-tulisan saya ikut dibukukan. Bagaimana caranya? yang saya lakukan adalah menulis, menulis, dan menulis. Itu saja. Dalam berbagai kesempatan, tulisan-tulisan saya ikut dibukukan dalam event yang diadakan oleh Mbak Widz di dalam Komunitas Penulis Berbalas/KPB.

Dokpri
Dokpri

Awalnya saya ragu, bagaimana ya saya menulis dengan tema tertentu yang sesuai event tersebut. Bu Anis Hidayatie yang juga kompasianer memberi saya dukungan dengan aneka saran/ide tulisan sehingga saya pun menulis dan mengikuti event tersebut. Hasilnya sebuah buku kolaborasi bersama teman-teman penulis lainnya.

Dokpri
Dokpri

Saya menuliskan sebuah cerpen yang berisi tentang perjalanan seorang nenek dan cucunya berkeliling di jalanan untuk sekedar mengumpulkan uang demi menyambung hidup. Ada sedikit resah ketika melihatnya setiap hari mereka berdua melintas di jalan depan kos saya tinggal. Anda bisa membacanya juga di Kompasiana.

Tak hanya berhenti di situ, kegiatan literasi saya terus berlanjut dan semakin banyak karya saya yang kemudian ikut dibukukan dalam beberapa buku dalam komunitas lainnya. Perkenalan saya di Kompasiana dengan Mbak Widz membuka jalan untuk saya juga bertemu di Komunitas Secangkir Kopi Bersama dan ikut menulis sebuah karya yang kemudian dibukukan. 

Dokpri Buku kolaborasi yang dari komunitas SKB
Dokpri Buku kolaborasi yang dari komunitas SKB

Bahkan ada beberapa karya lain dari komunitas yang sama, saya bisa mengikuti event menulis bertema fotografi dengan Pak Tonny Syiariel sebagai juri. Saya berkesempatan melihat karya saya ikut dibukukan bersama penulis lain. Semua itu bisa terjadi karena perkenalan dengan Mbak Widz. Dalam banyak hal, Beliau memelopori penulisan buku bersama

dokpri tulisan saya dalam buku yang diterbitkan oleh komunitas SKB tentang fotografi
dokpri tulisan saya dalam buku yang diterbitkan oleh komunitas SKB tentang fotografi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun