Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - A teacher

Someone who likes gardening, reading, writing, teaching, singing, and telling story.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mengembangkan Toko Pertanian sembari Menemani Ibunda di Rumah

3 Agustus 2021   15:24 Diperbarui: 5 Agustus 2021   21:23 691 51 21 Mohon Tunggu...

Kisah ini tentang seorang anak yang rela mengesampingkan keinginannya sendiri bekerja di kota demi menemani Ibu di kampung halaman. Sebagai sarjana teknik pertanian, Ristanti memulai usaha toko pertanian di rumah sembari menemani Ibunda di kampung.

Ini bukanlah hal mudah, karena Ristanti sebenarnya punya kesempatan bekerja di kota besar untuk kesuksesannya sendiri. Namun karena kecintaannya pada Ibunda, Ristanti memilih menemaninya dengan membuka toko kecil di kampung.

Dokpri: aneka biji-bijian yang dijual eceran
Dokpri: aneka biji-bijian yang dijual eceran
Toko Pertanian bernama Floristari menjual aneka jenis biji tanaman sayur, aneka jenis pupuk, dan obat-obatan pertanian lainnya. Biji-bijian yang dijual juga ada kemasan kecil-kecil untuk pemula yang ingin mencoba menanam sayur dan buah. 

Mengingat kampung kami masih ada banyak sawah dan tentu saja tidak sedikit yang mempunyai mata pencaharian sebagai petani, harapan Ristanti tentu saja ada banyak orang yang mau membeli di toko kecilnya.

Dokpri
Dokpri
Jika ingin berkebun menggunakan polybag, toko Floristari juga menyediakan polybag dengan berbagai ukuran. Ada aneka jenis pupuk penyubur tanaman juga di sini. Mulai dari pupuk organik, pupuk kandang, sekam dan lain-lain juga tersedia. Saya juga pernah mencoba membelinya dan mulai berkebun sayuran.

Dokpri
Dokpri

Ristanti juga menyediakan aneka pot tanaman untuk para penyuka tanaman hias yang ingin mempercantik pekarangan rumahnya. Hobi menanam tanaman hias ini bagus juga untuk kelestarian lingkungan sekitar kita.


Ibunda dari Ristanti kebetulan juga suka berkebun sehingga rumahnya cukup asri dengan aneka jenis tanaman. Hobi berkebun ini sangat bermanfaat bagi warga lansia atau lanjut usia. Jadi toko kecil yang baru berjalan beberapa bulan ini juga diharapkan bisa memberi ruang untuk para lansia yang ingin mengembangkan hobi berkebun. Apakah Anda juga suka berkebun?

Dokpri
Dokpri

Saya pribadi sudah pernah menanam sayuran dari biji yang dibeli di toko ini. Pupuk organik yang saya pakai juga saya beli di sini. Ternyata hasilnya memuaskan. Saya sempat panen kangkung, tomat, dan bayam beberapa kali.

Selain berjualan di toko pertanian ini, Ristanti juga mengurus segala keperluan sehari-hari di rumah untuk memudahkan Ibunda. Mulai dari memasak, mencuci, membersihkan rumah dan lain sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN