Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - A teacher

Someone who likes gardening, reading, writing, teaching, singing, and telling story.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mendapati Banyak Tulisanku di Kompasiana yang Disalin Tempel Secara Keseluruhan oleh Media Lain Tanpa Seijinku, Itu Menyedihkan

1 Agustus 2021   06:52 Diperbarui: 1 Agustus 2021   11:03 540 58 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendapati Banyak Tulisanku di Kompasiana yang Disalin Tempel Secara Keseluruhan oleh Media Lain Tanpa Seijinku, Itu Menyedihkan
Sumber foto: http://lp2m.uma.ac.id/

Bulan Oktober tahun 2020 saya ingat sekali pernah melaporkan pada tim admin Kompasiana mengenai satu situs yang memuat sangat banyak karya saya secara utuh tanpa ijin (jadi bukan berupa kutipan). Karya tulisan saya itu ada secara lengkap di Kompasiana. Sedih pastinya.

Syukurlah admin Kompasiana membalas pesan saya waktu itu berjanji hendak menindaklanjutinya. Meskipun demikian, saya mendapati masih ada saja artikel saya yang dimuat ulang secara keseluruhan (bukan berupa kutipan) di situs tersebut.

Semalam saya mendapatkan informasi juga dari teman Kompasianer yang mengalami hal sama. Situs yang menyalin tempel memang berbeda dengan tahun lalu. Namun sama saja, sebagai penulis aktif di Kompasiana, ada sangat banyak karya saya yang juga disalin tempel di sana tanpa seijin saya.

Sedih dobel. Ini yang saya rasakan. Sedih berganda. Baiklah, banyak yang bilang, yang penting namamu kan dicantumkan di sana sebagai penulis, Ari Budiyanti. Namun apakah hal demikian lumrah atau diijinkan dalam dunia edukasi dan literasi digital? Silakan Anda jawab sendiri dari hati Anda.

Apa yang Anda rasakan jika tulisan-tulisan Anda disalin tempel secara keseluruhan isinya (jadi bukan berupa kutipan) tanpa seijin Anda di situs tertentu?  Bagaimana menurut Anda?

Intinya saya pribadi keberatan dengan adanya peristiwa ini pada tulisan-tulisan saya di Kompasiana. Memuat ulang secara keseluruhan isi karya tulisan saya yang ditulis Kompasiana tanpa seijin saya pada situs lain, dalam jumlah sangat banyak, sungguh teramat melukai hati saya. Bagaimana dengan Anda?

Semoga hal ini menjadi perhatian admin Kompasiana dan rekan-rekan penulis lainnya. Maaf jika saya mengawali bulan Agustus 2021 dengan artikel kesedihan literasi digital.

Salam literasi dan edukasi
Mari hargai karya cipta sendiri dan orang lain.
Mintalah ijin pada penulis jika Anda ingin menayangkan ulang tulisan mereka keseluruhan apalagi penulisnya masih hidup dan aktif menulis, bisa dihubungi melalui akun media sosialnya juga.
Saya tidak mencantumkan nama dua situs tersebut untuk kebaikan bersama.
...
Written by Ari Budiyanti
1 Agustus 2021

Tulisan ke - 1 di bulan Agustus 2021
Karya ke-1712 keseluruhan

Salin tempel = copy paste

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN