Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mendapati Banyak Tulisanku di Kompasiana yang Disalin Tempel Secara Keseluruhan oleh Media Lain Tanpa Seijinku, Itu Menyedihkan

1 Agustus 2021   06:52 Diperbarui: 1 Agustus 2021   11:03 664
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: http://lp2m.uma.ac.id/

Bulan Oktober tahun 2020 saya ingat sekali pernah melaporkan pada tim admin Kompasiana mengenai satu situs yang memuat sangat banyak karya saya secara utuh tanpa ijin (jadi bukan berupa kutipan). Karya tulisan saya itu ada secara lengkap di Kompasiana. Sedih pastinya.

Syukurlah admin Kompasiana membalas pesan saya waktu itu berjanji hendak menindaklanjutinya. Meskipun demikian, saya mendapati masih ada saja artikel saya yang dimuat ulang secara keseluruhan (bukan berupa kutipan) di situs tersebut.

Semalam saya mendapatkan informasi juga dari teman Kompasianer yang mengalami hal sama. Situs yang menyalin tempel memang berbeda dengan tahun lalu. Namun sama saja, sebagai penulis aktif di Kompasiana, ada sangat banyak karya saya yang juga disalin tempel di sana tanpa seijin saya.

Sedih dobel. Ini yang saya rasakan. Sedih berganda. Baiklah, banyak yang bilang, yang penting namamu kan dicantumkan di sana sebagai penulis, Ari Budiyanti. Namun apakah hal demikian lumrah atau diijinkan dalam dunia edukasi dan literasi digital? Silakan Anda jawab sendiri dari hati Anda.

Apa yang Anda rasakan jika tulisan-tulisan Anda disalin tempel secara keseluruhan isinya (jadi bukan berupa kutipan) tanpa seijin Anda di situs tertentu?  Bagaimana menurut Anda?

Intinya saya pribadi keberatan dengan adanya peristiwa ini pada tulisan-tulisan saya di Kompasiana. Memuat ulang secara keseluruhan isi karya tulisan saya yang ditulis Kompasiana tanpa seijin saya pada situs lain, dalam jumlah sangat banyak, sungguh teramat melukai hati saya. Bagaimana dengan Anda?

Semoga hal ini menjadi perhatian admin Kompasiana dan rekan-rekan penulis lainnya. Maaf jika saya mengawali bulan Agustus 2021 dengan artikel kesedihan literasi digital.

Salam literasi dan edukasi
Mari hargai karya cipta sendiri dan orang lain.
Mintalah ijin pada penulis jika Anda ingin menayangkan ulang tulisan mereka keseluruhan apalagi penulisnya masih hidup dan aktif menulis, bisa dihubungi melalui akun media sosialnya juga.
Saya tidak mencantumkan nama dua situs tersebut untuk kebaikan bersama.
...
Written by Ari Budiyanti
1 Agustus 2021

Tulisan ke - 1 di bulan Agustus 2021
Karya ke-1712 keseluruhan

Salin tempel = copy paste

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun