Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tahun Baru, Masalah Lama, Lalu Bagaimana? (Dilema Pandemi)

29 Desember 2020   20:48 Diperbarui: 29 Desember 2020   20:49 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Menulis artikel humor adalah tantangan berat buat saya. Ini berat, saya tidak kuat (baca: saya tidak bisa). Apakah saya menyerah begitu saja sebelum mencoba menuliskannya? Sama sekali tidak. 

Saya sering merasa tidak nyaman sendiri dengan humor yang saya tulis. Apa yang saya kira lucu, mungkin bisa dianggap tidak lucu sama orang lain. Bisa juga malah tanpa sengaja saya menyinggung orang lain dengan humor saya. Jadi saya putuskan tidak menulis artikel humor.

Saya suka humor jika disampaikan secara lisan, misalnya dalam cerita dengan keluarga, siswa atau teman-teman. Membaca artikel humor saya juga suka tapi tidak menuliskannya. Tidak apa ya, setiap kita pasti mempunyai pertimbangan dan kesukaan tersendiri dalam tulisan.

Kalau menulis tentang humor pada diri sendiri bagaimana? Misalnya mengenai pencapaian tahun 2020, ada saja masalah lama yang akan terbawa sampai 2021. Bagaimana ya menyikapinya? Apakah ini bisa saya kategorikan dalam artikel humor?

Pengertian humor menurut KBBI adalah 

1. sesuatu yang lucu

2. keadaan yang menggelikan hati; kejenakaan; kelucuan

Jika demikian, artikel saya ini mungkin masih bisa dikategorikan artikel humor dalam pengertian keadaan yang menggelikan hati. Setidaknya menggelikan hati saya.

Lalu apa kejadian yang menggelikan hati saya di tahun ini dan kemungkinan akan terbawa sampai  tahun 2021? Pandemi dan dampaknya pada Kegiatan Belajar Mengajar. Apa yang membuat saya geli?

Saya mengajar siswa dengan menggunakan aplikasi zoom. Ada kalanya jaringan internet tiba-tiba terputus, yang terjadi, kelas tiba-tiba terhenti karena gurunya tiba-tiba seolah keluar kelas. 

Memang saat jaringan internet terhubung kembali, saya akan otomatis masuk dalam kelas zoom tersebut. Bagaimana bisa disebut mengelikan? Karena saya seperti mengajar laptop saat internet terhenti. Saya bicara pada laptop saja. Memang berasa geli sejenak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun