Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengejar Bunga Sampai ke Bogor

25 Mei 2019   13:17 Diperbarui: 25 Mei 2019   13:26 0 9 2 Mohon Tunggu...
Mengejar Bunga Sampai ke Bogor
Aneka Bunga di Bogor. Mei 2019. Photo by Ari

Di suatu hari yang cerah, saya bersama rekan-rekan guru berwisata ke Bogor. Kami mengunjungi dua tempat. Seperti biasa, ini kesempatan saya mengejar foto bunga. Setiap ada keindahan bunga, saya pasti abadikan sejenak. Cekrek. Jadilah pesona bunga itu tersimpan manis di HP saya. Ini dia kisahnya. 

1. Bunga Zinnia

Zinnia. Photo by Ari
Zinnia. Photo by Ari

Beberapa bunga Zinnia tumbuh indah di lokasi wisata yang kami kunjungi. Bunga ini juga terkenal dengan sebutan bunga Kertas di kampung saya. Ada aneka warna bunga Zinnia. Mahkota bunganya ada yang satu lapis, dan ada yang berlapis-lapis atau tumpuk. Bunga Zinnia ini bila sudah kering, bisa ditanam. Bagian pangkal bunga berupa benihbyang siap ditanam saat mengering. Keindahannya bisa dinikmati lagi dan lagi.

2. Bunga Alamanda

Alamanda. Photo by Ari
Alamanda. Photo by Ari

Senang sekali saya menjumpai bunga cantik ini dalam posisi rendah. Biasanya dibiarkan tumbuh tinghi di halaman depan rumah sehingga saya jarang bisa mendapatkan foto Alamanda secara maksimal. Alamanda ini juga beraneka warna. Kebanyakan memang warna kuning. Saya berhasil bertemu dengan Almanda yang satu ini, warnanya kecoklatan cerah. Saya bingung juga mendeskripsikan warna bunga di atas. Jenis Alamanda warna ini jarang saya temui.

3. Bunga Ixora

Ixora. Soka. Photo by Ari
Ixora. Soka. Photo by Ari

Bunga kesukaan Bapak saya juga ada tumbuh di sini. Berasa seperti di halaman rumah sendiri melihat kupu-kupu ini hinggap senang di atas bunga soka. Iya, soka adalah nama lain dari Ixora. Bunga ini kecil-kecil seperti bintang dam suka mengumpul. Ixora ini pun punya aneka warna. Kebetulan yang ada warna oranye.

4. Bunga Lavender

Levender. Photo by Ari
Levender. Photo by Ari

Si ungu kecil yqng cantik ini sering dijadikan bahan pengusir nyamuk. Karena memang bunga ini efektif tidak disukai nyamuk bahkan sebisa mungkin nyamuk akan menjauhi bunga ini. Iya, benar si mungil Lavender juga bisa menjadi bahan pembuat parfum. Masih banyak lagi kegunaan si bunga cantik ini. Apakah Anda menyukai Lavender?

5. Bunga Hibiscus

Hibiscus. Bunga Sepatu. Photo by Ari
Hibiscus. Bunga Sepatu. Photo by Ari

Bunga Hibiscus penuh kenangan di masa kecil saya. Kami bertemu pula di Bogor. Bunga ini ada dua jenis mahkota bunganya. Jenis yang berlapis tunggal dan satunya berlapis-lapis atau tumpuk. Kuncup bunganya pun mirip bentuknya hanya berbeda ukuran. Bunga sepatu nama lain dari Hibiscus ini sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah sebagai tanaman pagar. Namun jangan salah, di luar negri tanaman bunga ini ada banyak sekali varian spesiesnya dan dijadikan bunga hias pot. Harganya pun mahal. Di Indonesia mungkin ada juga yang menjadikannya tanaman bunga hias di pot. 

6. Bunga Aster

Aster. Photo by Ari
Aster. Photo by Ari

Bunga aster ungu dan merah muda ditanam banyak di Bogor. Mudah sekamj menemukan bunga ini di ber agai lokasi wisata. Saya suka bunga ini. Kecil-kecil dan indah. Jenis bunga aster ada banyak, nai dari warna mupun bentuk kelopak bunga dan juga ukuran bunganya. Saya pernah beberapa kali mencoba menanam jenis bunga ini, namun tidak bisa bertahan lama. Mungkin suhu udara tidak cocok. 

7. Bunga Vinca

Vinca. Tapak dara. Photo by Ari
Vinca. Tapak dara. Photo by Ari

Bunga ini menghiasi area depan lokasi wisata yang saya kunjugi. Berbaris rapi dan indah terlebih karena sedang berbunga semua. Di kampung saya biasa disebut bunga tapak dara. Nama lainnya adalah bunga Vinca. Bunga Vinca mempunyai aneka warna pula, ada ungu, putih, pink dan merah. Itu warna-warna yang pernah saya temui.

8. Bunga Hollycock

Hollycock. Photo by Ari
Hollycock. Photo by Ari

Ada satu area yang dihiasi bunga gantung. Eh koq bunga gantung. Maksud saya bunganya ditanam di pot lalu digantung sepanjang lorong. Indah sekali. Sebenarnya ada aneka bunga. Tapi yang paling banyak jenis bunga Holly atau Hollycock. Indah sekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2