Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Mari Berkebun Sayuran

29 Maret 2019   18:14 Diperbarui: 13 Juni 2020   08:20 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sayuran adalah menu yang seharusnya menjadi makanan kita sehari-hari. Bukan rahasia lagi kalau makan sayur mayur sangat baik bagi kesehatan kita. Jadi apa sayuran kesukaan Anda? 

Tulisan saya kali ini tentang kisah saya berkebun sayuran di halaman depan dan belakang rumah. Saya memang sangat menikmati berkebun. Semua yang memungkinkan ditanam, akan saya tanam. Tidak hanya bunga-bunga saja tapi juga tanaman sayur.

1. Tomat

Buah Tomat yang pernah sangat rimbun di halaman rumah. Photo by Ari
Buah Tomat yang pernah sangat rimbun di halaman rumah. Photo by Ari
Kisah pertama saya dengan Tomat. Rumah saya dekat dengan pasar. Kadang, tanpa saya tanam, saya menyadari ada tanaman baru yang bermanfaat di halaman rumah. Bisa dari biji-bijian yang mungkin dibawa oleh burung dari pasar sebelah rumah. 

Seperti tanaman tomat di atas. Awalnya saya seperti biasa menyiramin tanaman bunga saya. Waktu lihat ada tanaman tomat, saya segera perhatikan dengan seksama. Saya rawat, disiramin setiap hari. Rumput di sekitarnya saya cabut. Dan sampai berbuah banyak. Buahnya saya nikmati bersama keluarga. Bahkan kedua keponakan saya ikut menikmatinya. 

Keponakan kecil menikmati tomat. Photo by Ari
Keponakan kecil menikmati tomat. Photo by Ari
Kalau keponakan saya yang satu ini, belum terlalu suka tomat. Waktu melihat tomat matang di pohon, senangnya bisa ikut panen tapi tidak mau makan hasil panennya.

Keponakan yang lebih besar sudah suka makan tomat. Photo by Ari
Keponakan yang lebih besar sudah suka makan tomat. Photo by Ari
Sekilas tentang tomat hasil berkebun saya beberapa tahun lalu. Rasanya makan tomat hasil kebun sendiri, nikmatnya luar biasa. 

Tomat hasil panen. Photo by Ari.
Tomat hasil panen. Photo by Ari.
Tunggu tulisan saya khusus membahas berkebun tomat ya. Kali ini saya hanya menyebutkan saja kisah singkat si tomat. Saya lanjut ke tanaman ke dua ya.

2. Pare

Hasil kebun saya selanjutnya adalah Pare. Photo by Ari
Hasil kebun saya selanjutnya adalah Pare. Photo by Ari
Siapa penggemar si pahit yang lezat ini? Pare. Ibu saya penggemar berat masakan sayur pare. Saya harus bilang lagi, awalnya tanaman pare pun tiba-tiba saja muncul di halaman depan rumah saya. Saya tidak menanamnya dengan sengaja. Saya hanya mengenalinya lagi, ada tanaman pare, dan selanjutnya saya rawat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun