Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Small World, Miniatur Dunia di Baturraden Jawa Tengah

7 Februari 2019   17:43 Diperbarui: 5 April 2022   18:24 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama keluarga bu Mardiyah bersama anak-anak dan cucu-cucu di Gerbang masuk Small World Ketenger Baturraden. Photo by Ari

Keliling dunia. Siapa sih yang tidak ingin? Saya pun tak akan menolak bila kesempatan itu diberikan pada saya. Ah kapan ya .. mari kita tunggu saja di sepanjang perjalanan hidup saya ke depan.

Baiklah, untuk menghibur diri yang ingin berwisata keliling dunia, saya dan keluarga besar mengunjungi tempat wisata di area Purwokerto, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Ketenger Baturraden. Nama lokasi wisatanya adalah Miniatur Dunia Small World. 

Foto di atas adalah keluarga besar saya, ada Adik saya, Kakak Pertama, Ibu saya dan keponakan-keponakan saya laki-laki dan perempuan pada kunjungan pertama. Bagian pintu masuk dibentuk seperti gerbang bunga raksaksa Raflesia Arnoldi yang terkenal sebagai bunga khas dan terbesar di Indonesia. 

Selanjutnya, foto di bawah ini adalah kunjungan kami kedua kalinya ke tempat yang sama. Kami berfoto di depan lambang hati atau banyak orang sering sebut lope lope. Berharap keluarga besar kami selalu diikat dalam cinta kasih persaudaraan   selamanya. Amin.

Memang sangat menyenangkan mengunjungi tempat wisata bersama keluarga besar. Selain mempererat relasi bersama dalam kasih persaudaraan, juga menikmati kebahagiaan berlimpah dalam kasih keluarga besar. 

Apa saja yang bisa kita nikmati di Small World ini? Sesuai dengan namanya, Small world, tentu saja dapat dengan mudah ditebak kalau tempat ini penuh dengan miniatur bangunan di dunia. Mulai dari bangunan di negara-negara di Eropa, Amerika, Asia, India, Afrika dll. 

Tempat di Eropa yang amat sangat saya ingin kunjungi adalah taman Keukenhof di Belanda. Banyak orang bilang, "the paradise of Europe". Jadi untuk sedikit mengobati keinginan saya ke sana, saya berfoto-foto saja di replicanya. 

Foto penulis artikel di replica Keukenhof park Holland. Replica kebun tulip dan kincir angin Belanda.
Foto penulis artikel di replica Keukenhof park Holland. Replica kebun tulip dan kincir angin Belanda.
Sudah cukup menghibur bagi saya sebenarnya berfoto di sini. Bangunan menarik lainnya yang terletak di Eropa ada banyak, diantaranya adalah: Menara Eiffel, Menara Pisa, dan beberapa bangunan khas di Inggris. Ada juga replica patung Liberty di Amerika.

Gedung Opera yang sangat khas bentuknya di Australia. Ada pula Taj Mahal yang terkenal menggambarkan kisah cinta sejati. Lalu ada The greatest wall of China. Bangunan menarik khas Jepang, dll. Semua dibuat kecil-kecil dan sangat mendukung pengunjung yang suka ber selfie ria seperti saya. 

Foto penulis artikel di replica Menara Pisa, Italia.
Foto penulis artikel di replica Menara Pisa, Italia.
Selain bangunan replika dari luar negri, ada pula bangunan-bangunan di Indonesia negri kita tercinta. Seperti Monumen Nasional, berbagai rumah adat di Indonesia, mulai khas Papua, Minangkabau, Jawa, dll. Ada juga patung Pahlawan, Jendral Sudirman dibangun di sana. Jadi selain keliling luar nergeri dalam sehari,  kita bisa juga keliling Indonesia sekalian. Itulah mengapa dinamai Small   World. 

Monumen Nasional atau Monas yang asli di Jakarta sudah kami kunjungi, tapi tetap menarik juga berfoto di depan miniaturnya saja. Berikut ini foto kakak saya di depan miniatur Monas di Small world.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun