Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Empat Lagu yang Terinspirasi Ghosting

8 Maret 2021   21:24 Diperbarui: 8 Maret 2021   21:41 283 24 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Lagu yang Terinspirasi Ghosting
Panji Asmarabangun pergi tanpa pamit meninggalkan Dewi Sekartaji. Dokpri

Ditinggal pergi tanpa pamit alias minggat bahasa kerennya sekarang ghosting oleh kekasih hati, bagi sebagian orang tentu menyakitkan hati atau mungkin banyak juga yang sekedar kecewa. Di sisi lain, ternyata ditinggal pergi tanpa pesan bisa menjadi inspirasi seseorang untuk menulis sebuah lagu yang bagus. Terlepas apakah si penggubah lagu dan penulis syairnya pernah mengalami atau tidak.

Ada empat lagu yang sangat berkesan di hati penulis yang temanya akibat ghosting. Lagu pertama, saya ambil dari lagu barat yang beken pada awal 70an. 

Lagu berjudul Don't Forget to Remember Me yang dilantunkan oleh kelompok Bee Gees betul-betul berkesan di hati penulis sekali pun pada saat lagu ini beken, penulis masih belum mengenal cinta monyet. Maklum masih esempe. Namun menjadi berkesan ketika akhir 80, ditinggal minggat kekasih padahal janur kuning sudah ada dan tinggal dilengkungkan.

Lagu kedua, saya ambil dari lagu pop Indonesia yang dilantunkan oleh Panjaitan Bersaudara atau Panbers yakni Akhir Cinta. Lagu ini, menjadi sangat berkesan karena waktu itu saya sedang naksir teman esempe, cewek mungil centil tapi ga berani mendekati. Maklum dia anak juragan tani yutun, sedang penulis cuma penggarap. Lagu ini beken pada pertengahan 70an.

Lagu ketiga, penulis ambil dari lagu dangdut yang didendangkan oleh Elya Kadham dengan judul Pergi Tanpa Pesan. Ketika lagu ini beken, sebenarnya penulis juga masih unyu-unyu walau sedikit ndableg. Namun lagu ini sangat berkesan karena melihat penampilan penyanyinya yang cukup lincah saat berjoged sambil mendendangkan ditambah lagi memakai pakaian ala India serta berdandan sedikit menor. 

Lagu dangdut yang pada saat bekennya lagu ini masih disebut musik gambus menjadi sebuah kejutan luar biasa karena saat itu blantika musik Indonesia banyak terpengaruh musik rock 'n roll dan terutama genre musik dari kelompok The Beatles.

Ketenaran lagu dendangan Elya Kadham: Pergi Tanpa Pesan ini, masih dirilis lagi hingga awal 2010.

Lagu keempat, tak ada hubungannya dengan peristiwa kenangan masa lalu penulis ditinggal pujaan hati. Sebab lagu yang dilantunkan oleh Sony Joss dengan judul Sri Minggat, saya anggap lagu yang paling lucu dan konyol dari segi lirik serta cukup mendayu dan sedikit cengeng. Namun cukup menghibur jika dinyanyikan sambil bekerja di sawah.

Sebenarnya banyak juga lagu-lagu yang terinspirasi dari kisah per-ghosting-an. Entah lagu barat, pop Jawa, pop Indonesia, atau dangdut. Bahkan dari genre slow rock bahkan hard rock. 

Tapi penulis ambil yang dari jenis sweet saja dan tentunya ada sedikit kenangan. Apakah saya pernah ditinggal minggat kekasih? Tentu saja pernah. Sakit hati dan kecewa? Enggaklah. Kan yang antri banyak. Maksudnya lagu-lagu yang bisa dinyanyikan untuk hiburan.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x