Mohon tunggu...
ardira salwasalsabila
ardira salwasalsabila Mohon Tunggu... Ardira Salwa Salsabila

Mahasiswa Uin Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembelajaran Daring untuk PAUD

10 Agustus 2020   16:13 Diperbarui: 10 Agustus 2020   16:28 158 1 0 Mohon Tunggu...

Ardira salwa salsabila
universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Anggota KKN DR 01 Tahun 2020
ardirasalwasasabila10@gmail.com 

Banyak yang bertanya bagaimanakah proses pembelajaran secara online untuk anak usia dini (PAUD)  ?  

Pertanyaan ini sering terdengar dalam kehidupan masyarakat terkhususnya para orang tua terdahulu yang belum mengerti bagaimana proses pembelajaran daring. Terkait teknologi sekarang yang sangat canggih di era 4.0. Semua berproses dengan hal-hal yang Online. 

Dan pada umumnya pembelajaran daring biasa dilakukan untuk anak SD, SMP, SMA bahkan Perguruan Tinggi.

Lalu bagaimana menerapkan proses pembelajaran daring di PAUD ?

Sebelum membahas tentang proses pembelajaran Daring, terlebih dahulu kita mengenal pemahaman tentang konsep pembelajaran daring.

KONSEP PEMBELAJARAN DARING

Pembelajaran daring yang dimaksud disini adalah pembelajaran yang dilaksanakan melalui jaringan Online yang dikaitkan dengan system internet. Pembelajaran daring adalah dimana guru berkomunikasi dengan siswa dengan media online berupa Video Call atau dari aplikasi media yang hampir sama dengan sistem Vicall yang bisa langsung tatap muka. System video call lewat whattsap  Ini bisa diterapkan di system pendidikan PAUD. Salah satu pembelajaran online yang lebih mudah digunakan untuk para orang tua dan anak.

Seperti kita ketahui bersama bahwa proses pembelajaran PAUD mengendepankan prinsip pembelajaran belajar sambil bermain. Itu juga berarti ada hal yang di pertimbangkan dalam pemilihan media untuk proses pembelajaran seperti kita ketahui bahwa anak PAUD tidak akan mudah paham dan mengerti tentang informasi pembelajaran yang disampaikan. Maka dari itu perlu di pertimbangkan dalam proses pembelajaran di PAUD.

PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING

Peran orang tua juga sangat penting dalam proses pembelajaran daring.  Mengapa?

Karena Anak usia dini tentu saja tidak bisa menggunakan gadget sendiri tanpa bantuan orang tua. Justru mereka malah merusak dan menyalahi fungsi yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x