Konsentrasi dalam belajar adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian dan fokus pada suatu tugas atau materi pembelajaran tanpa terpengaruh oleh gangguan eksternal. Proses konsentrasi memainkan peran kunci dalam efektivitas belajar, karena memungkinkan seseorang untuk menyerap informasi dengan lebih baik dan memahami konsep secara mendalam.
Konsentrasi melibatkan kontrol atas pikiran dan perasaan agar tetap terfokus pada tujuan belajar. Faktor-faktor seperti lingkungan belajar yang tenang, waktu yang diatur dengan baik, dan pengelolaan stres dapat memengaruhi tingkat konsentrasi seseorang. Keterampilan konsentrasi yang baik juga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah.Â
Oleh karena itu, pengembangan kemampuan konsentrasi merupakan aspek penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Para pelajar dapat mengasah keterampilan ini melalui latihan, manajemen waktu yang baik, dan pembiasaan untuk meminimalkan gangguan selama belajar.
Terdapat beberapa pendapat tentang definisi konsentrasi menurut para ahli, beberapa di antaranya sebagai berikut:
William James:Â Seorang psikolog terkenal, William James, mendefinisikan konsentrasi sebagai "kecenderungan untuk memilih beberapa ide atau gagasan dan mengabaikan yang lainnya."
John Dewey: Filosof dan pendidik terkemuka ini menggambarkan konsentrasi sebagai "fokus perhatian yang intens pada sesuatu yang ingin dicapai."
Jean Piaget:Â Seorang ahli psikologi perkembangan, Piaget, melihat konsentrasi sebagai "kemampuan anak untuk fokus pada satu tugas tanpa terganggu oleh stimulus eksternal."
William H. Kilpatrick: Seorang pendidik dan filsuf pendidikan, Kilpatrick, menggambarkan konsentrasi sebagai "fokus perhatian yang mendalam pada tugas yang sedang dijalankan."
Dalam semua definisi ini, intinya adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian dan energi mental pada suatu hal dengan tujuan mencapai pemahaman atau pencapaian tertentu. Konsentrasi juga sering dihubungkan dengan aspek-aspek seperti ketahanan terhadap gangguan dan kemampuan mengelola waktu dengan baik.
Hal-Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Konsentrasi Peserta Didik di Kelas