Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Melatih Konsentrasi Peserta Didik pada Saat Pembelajaran di Kelas

18 Februari 2024   13:00 Diperbarui: 18 Februari 2024   13:12 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsentrasi dalam belajar adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian dan fokus pada suatu tugas atau materi pembelajaran tanpa terpengaruh oleh gangguan eksternal. Proses konsentrasi memainkan peran kunci dalam efektivitas belajar, karena memungkinkan seseorang untuk menyerap informasi dengan lebih baik dan memahami konsep secara mendalam.

Konsentrasi melibatkan kontrol atas pikiran dan perasaan agar tetap terfokus pada tujuan belajar. Faktor-faktor seperti lingkungan belajar yang tenang, waktu yang diatur dengan baik, dan pengelolaan stres dapat memengaruhi tingkat konsentrasi seseorang. Keterampilan konsentrasi yang baik juga dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah. 

Oleh karena itu, pengembangan kemampuan konsentrasi merupakan aspek penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Para pelajar dapat mengasah keterampilan ini melalui latihan, manajemen waktu yang baik, dan pembiasaan untuk meminimalkan gangguan selama belajar.

Terdapat beberapa pendapat tentang definisi konsentrasi menurut para ahli, beberapa di antaranya sebagai berikut:

William James: Seorang psikolog terkenal, William James, mendefinisikan konsentrasi sebagai "kecenderungan untuk memilih beberapa ide atau gagasan dan mengabaikan yang lainnya."

John Dewey: Filosof dan pendidik terkemuka ini menggambarkan konsentrasi sebagai "fokus perhatian yang intens pada sesuatu yang ingin dicapai."

Jean Piaget: Seorang ahli psikologi perkembangan, Piaget, melihat konsentrasi sebagai "kemampuan anak untuk fokus pada satu tugas tanpa terganggu oleh stimulus eksternal."

William H. Kilpatrick: Seorang pendidik dan filsuf pendidikan, Kilpatrick, menggambarkan konsentrasi sebagai "fokus perhatian yang mendalam pada tugas yang sedang dijalankan."

Dalam semua definisi ini, intinya adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian dan energi mental pada suatu hal dengan tujuan mencapai pemahaman atau pencapaian tertentu. Konsentrasi juga sering dihubungkan dengan aspek-aspek seperti ketahanan terhadap gangguan dan kemampuan mengelola waktu dengan baik.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Konsentrasi Peserta Didik di Kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun