Mohon tunggu...
ardi sulistiawan
ardi sulistiawan Mohon Tunggu... mahasiswa

suka olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Potensi Ekonomi Desa Karangagung

27 Oktober 2020   07:00 Diperbarui: 27 Oktober 2020   07:08 17 0 0 Mohon Tunggu...

Desa karangagung merupakan desa yang berada di kabupaten tuban. Desa karangagung juga merupakan perbatasan antara kabupaten tuban dan kabupaten lamongan. Sebagian besar masyarakat karangagung bermatapencaharian sebagai nelayan. Karena letak geografisnya yang berada di tepi pantai utara pulau jawa. 

ANALISA KEWILAYAHAN

  • Menurut batasan administratif, karangagung adalah suatu desa yang berada di kecamatan palang, kabupaten tuban,provinsi jawa timur.
  • Menurut karakter geografis,
  • Jadi desa karangagung terletak di tepi pantai utara pulau jawa. Perbatasanya, sebelah utara adalah laut lepas pulau jawa. sebelah timur adalah desa lohgung, kecamatan brondong, kabupaten lamongan. Sebelah selatan adalah desa leran, kecamatan palang, kabupaten tuban. Sebelah barat adalah desa gelodog, kecamatan palang, kabupaten tuban.
  • Menurut batasan regional, jadi desa karangagung dibagi menjadi 3 bagian, yaitu karangagung barat, karangagung tengah, karangagung barat. Pendapatan ekonomi yang palig besar ada di karangagung timur, yang kedua karangagung barat, dan yang terakhir adalah karangagung timur. Kesimpulan saya berdasarkan data banyaknya kapal yang ada di masing-masing regional, dimana karangagung timur jumlahnya sekitar 400 kapal, sedangkan karangagung timur jumlahnya sekitar 100 kapal, sedangkan karangagung tenggah tidak ada kapal, karena tidak ada pelabuhan untuk memarkirkan kapalnya, sehingga sebagian besar warga karangagung timur kapalnya diparkir di timur. Jadi karangagung timur menyumbang pendapatan ekonomi sebesar 80%, karangagung tenggah 0%, dan karangagung barat 20% (jika dilihat dari data banyaknya kapal)

jadi warga desa karangagung mencari ikan di laut utara kabupaten tuban, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga di laut utara kabupaten brondog dan juga kabupaten gresik. 

Jadi para nelayan mengambil ikan secukupnya untuk dimakan sendiri dan sebagian besar di jual pengepul. Para pengepul lalu memprosesnya menjadi ikan asin dan terasi udang, selanjutnya para pengepul menjualnya di daerah yang jauh jangkauanya dari pesisir, seperti bojonegoro, jombang, kediri, dll.

Indeks material

Untuk memproduksi sebuah ikan teri asin sebuah pabrik di desa karangagung dalam sehari memerlukan rata-rata 5 kwintal ikan teri mentah yang nantinya akan diolah menjadi ikan teri asin. Dan menghasilkan sekitar 400 box kardus. berat rata-rata tiap 200 pack kardus 90kg.

Diketahui:

Berat bahan baku = 500kg

Berat produk akhir = 400/200 = 2

                                    =2 x 90 = 180

IM        =berat bahan baku / berat produk akhir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN