Hobi Pilihan

The Art of Tidying Up: Konmari (DIY Storage Box With Wrapping Paper)

2 Maret 2019   14:35 Diperbarui: 2 Maret 2019   15:21 75 1 1
The Art of Tidying Up: Konmari (DIY Storage Box With Wrapping Paper)
Dokpri

Hello! Seperti tidak ada habisnya jika mengulas mengenai barang-barang bekas dan DIY. Bagi sebagian kita, masih merasa malas untuk membuat barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Padahal, impact yang kita dapatkan jauh lebih besar lo. Seperti yang pernah kami bagikan pada Instagram bahwa kita bisa saja membuat barang-barang bekas yang awalnya sampah menjadi sesuatu yang useful atau berguna untuk kehidupan kita.Nah, tapi kali ini kami ingin memperkenalkan 1 kata baru untuk kalian, yaitu Konmari. Adakah yang sudah tahu?

Kalau belum, maka kalian hari ini kalian akan belajar hal baru. Konmari adalah sebuah gaya hidup yang diperkenalkan oleh orang Jepang bernama Marie Kondo. Pada buku best seller nya yang berjudul The Life Changing Magic of Tdying Up menguak mengenai seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang. Kami sangat menyarankan bahwa metode ini sangat berguna dan bermanfaat untuk mahasiswa yang tinggal di sebuah kost. Kalau ibu rumah tangga berarti tidak bermanfaat? Tentu sangat bermanfaat, tapi biasanya anak-anak muda lah yang cenderung tidak suka beres-beres dan jarang peduli pada lingkungannya.

Hari ini, kami mencoba untuk memulai dengan metode Konmari. Dengan merapikan baju, buku, pernak-pernik, dan juga tidak lupa menyiapkan tempat agar barang bisa ditaruh dengan rapi. Kebetulan, kami menggunakan box bekas laptop untuk digunakan menaruh pakaian seperti ini.

Caranya tentu sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Yang kalian perlukan hanyalah:

Gunting

Isolasi

Penggaris

Wrapping paper

BoxPensil

Langkah:

1. Siapkan alat yang akan digunakan terlebih dahulu, seperti wrapping paper yang bisa kalian dapatkan disini

Dokpri
Dokpri
2. Ukur seluruh sisi kotak yang ingin kalian tempel dengan wrapping paper. Kami tidak menempel bagian bawah box. Hanya pada sisi samping kanan dan kiri

Dokpri
Dokpri
3. Buat pola sesuai dengan bagian yang ingin kalian tempel dengan wrapping paper

Dokpri
Dokpri
4. Setelah itu, potong bagian dengan menggunakan gunting atau cutter. Kami sangat menyarankan untuk pemotongan yang bersifat rapi, gunakanlah cutter atau pisau yang tajam

5. Setelah selesai memotong, pastikan bahwa pola yang sudah dibuat sesuai dengan bagian kotak yang ingin ditempel

Dokpri
Dokpri
6. Tempel potongan-potongan pola pada setiap bagian kotak yang kalian inginkan, dan pastikan tidak ada bagian yang mengembang

Dokpri
Dokpri
7. Lakukan hal yang sama untuk semua sisi agar terlihat rapi

Dokpri
Dokpri
Voila! Sudah jadi, oh ya, kami hanya menggunakan 1 wrapping paper saja lo. Jika dilanjutkan untuk bagian alas bawahnya, hanya 2 kertas kado. Kotak yang sudah di make over ini bisa dijadikan penyimpanan selain baju ya. Bisa pernak-pernik, kabel, dan lain-lainnya.