Mohon tunggu...
Ali Akbar Djaguna
Ali Akbar Djaguna Mohon Tunggu... Penulis - Pasca sarjana ilmu komunikasi universitas muhammadiyah jakarta

satu kata perjuangan adalah nilai sebuah kepantasan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peran IMC dalam Meningkatkan Industri Pariwisata di Morotai

10 Maret 2023   02:16 Diperbarui: 10 Maret 2023   02:26 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pariwisata adalah sektor yang menjadi fokus perhatian pemerintah daerah di seluruh Indonesia, karena memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan daerah. 

Kontribusi industri pariwisata global telah mencapai 1.323.000 wisatawan pada tahun 2019, dengan pertumbuhan yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2030. 

Perkembangan pariwisata dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara tersebut, melalui peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang berkaitan langsung dan tidak langsung dalam industri pariwisata akan menghasilkan berdampak positif dari siklus pendapatan daerah. 

Selain itu, keberadaan industri pariwisata di sebuah negara juga memberikan stimulus terhadap pemerintah berupa peningkatan pendapatan devisa negara yang bersumber dari pajak tidak langsung.

Pengembangan serta peningkatan komponen-komponen produk dari industri pariwisata perlu disertai dengan aktifitas Marketing Communications yang dilakukan dengan baik bersama seluruh stakeholder sehingga terbangun integrasi persepsi dalam memberikan pelayanan kepada Costumers Target. 

Kabupaten Pulau Morotai melakukan upaya untuk mempromosikan Pulau Morotai sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik melalui berbagai kegiatan dan acara baik di tingkat lokal maupun nasional. 

Namun, Pulau Morotai menghadapi berbagai tantangan dalam hal bersaing dengan daerah-daerah lain yang sudah lebih siap dari segi sarana dan prasarana wisata. 

Meski terbatasnya sumber daya yang dimiliki Pulau Morotai, pemerintah daerah dan stakeholder tidak membatasi langkah serta upaya untuk mempromosikan Pulau Morotai agar dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya. 

Terlebih lagi, Morotai berusaha untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memposisikan dirinya sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Dalam menghadapi persaingan industri pariwisata yang semakin ketat, maka aktifitas Marketing Communication menjadi solusi untuk menjaga pelanggan, serta menciptakan kesadaran agar menjadikan investasi ke depan yang berharga. 

Negara-negara yang menempati posisi peringkat sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan, seperti Brasil, Prancis, UEA, Kanada, Amerika Serikat, Maladewa, Spanyol, Turki, China, dan Italia, melakukan aktivitas strategi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun