Mohon tunggu...
Aqni Aprinia
Aqni Aprinia Mohon Tunggu... Kelompok 86 PMM

Mahasiswa PMM Bhaktimu Negeri

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa UMM Lakukan Sharing Session Mengenai Kesehatan Mental

4 September 2020   23:59 Diperbarui: 4 September 2020   23:57 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa UMM Lakukan Sharing Session Mengenai Kesehatan Mental
tangkapan layar

Selama pandemi Covid-19 banyak perubahan yang terjadi di masyarakat, seperti perubahan ekonomi, sosial, akademik, dll. Banyaknya perubahan yang terjadi dapat berdampak juga pada kesehatan mental seseorang. Oleh sebab itu, Mahasiswa UMM kelompok PMM 86, yang beranggotakan 5 orang melalui salah satu program kerjanya mengadakan Sharing Session dengan mengangkat tema "Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19" sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

Sharing Session yang diadakan pada Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 08.45 WIB dihadiri oleh 45 lebih peserta melalui telekonferensi. Narasumber pada acara tersebut adalah dr. Yusrin Aulia dengan moderator Demasa Maulana. Beliau menjelaskan berbagai stigma mengenai kesehatan mental dan cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19. Dalam salah satu materi beliau menjelaskan "Orang depresi bukanlah orang yang malas, tetapi orang yang kuat melawan gejala 24/7. Orang cemas bukanlah orang yang kasar, tetapi orang yang sangat sensitif. Orang yang berpikir untuk mengakhiri hidupnya bukanlah orang yang caper, tetapi orang yang butuh pertolongan dan dukungan untuk tetap hidup".
Beliau juga menjelaskan, "Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi antara lain adalah dengan melakukan kegiatan yang positif, olahraga ringan secara teratur (diutamakan di rumah), mengurangi paparan media untuk sementara waktu, menjaga pola makan yang teratur dan tidur yang cukup, stay connected dengan teman atau keluarga, bekali diri dengan informasi penting, jangan merasa sendiri dan jangan malu untuk berkonsultasi pada psikolog atau psikiater".

Diakhir acara Sharing Session kelompok PMM 86 menampilkan video edukasi mengenai kesehatan mental. Video edukasi tersebut memberikan informasi mengenai COVID-19, pengaruh COVID-19 terhadap kesehatan mental, cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi COVID-19, dll. Selain ditampilkan pada acara Sharing Session, video edukasi ini juga telah diunggah pada kanal youtube PMM 86 UMM.

Dengan diadakannya Sharing Session ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x