BRI sebagai salah satu bank milik pemerintah Indonesia, benar-benar memenuhi semua fasilitas yang dibutuhkan nasabahnya. Dari desain interior, kenyamanan dalam kantor, jumlah ATM yang tersebar hingga aplikasi yang mudah bagi pengguna transaksi online.
Memasuki tahun ke-127 sejak berdirinya, Â BRI makin memantapkan diri untuk melayani nasabah dengan sepenuh hati, terlebih makin memberi banyak manfaat bagi nasabah dari sektor UMKM.Â
Kehadiran BRI sebagai salah satu BUMN, yang merupakan pilar ekonomi, diharapkan mampu mempersembahkan produk-produk dan layanan yang mampu memenuhi kebutuhan perbankan dan keuangan nasabah. khususnya UMKM yang selama ini menjadi mitra BRI.Â
Banyak yang sudah BRI lakukan untuk meningkatkan kelas UMKM. Banyak yang terbantu modalnya berkat kehadiran BRI dengan bermacam kredit lunak maupun kredit usaha lain. Banyak UMKM yang kini menjadi besar berkat uluran modal dari BRI.
Sebagai salah satu bank yang mencairkan bermacam pendanaan, BRI juga mampu menjadi jembatan antara pengusaha dan investor. Dana yang dihimpun oleh BRI dari nasabah akan disalurkan lagi bagi nasabah lain yang menjadi binaan BRI melalui UMKM.Â
Untuk memudahkan segala bentuk transaksi dan mengurangi antrean panjang, fasilitas online yang disediakan BRI pun turut diperbaharui untuk menunjang kenyamanan nasabah. Baik fasilitas transaksi melalui ATM maupun melalui HP. Dengan kecanggihan sistem yang dimiliki, BRI ingin menunjukkan bahwa benar-benar melayani dengan sepenuh hati.
Program digitalisasi yang dilakukannya pun diedukasikan kepada masyarakat melalui customer service yang bertugas. Bahkan, petugas keamanan bank pun paham dengan beberapa produk atau layanan, sehingga mampu menjawab pertanyaan nasabah sebelum sampai di meja customer service.
Seperti halnya siang itu, saya datang ke BRI untuk menanyakan beberapa fasilitas yang belum saya pahami berkaitan dengan tabungan saya di BRI. Namun, sambutan ramah petugas keamanan menjadikan saya urung menemui customer service bank. Penjelasan dari satpam itu mampu menjawab 50% apa yang saya inginkan. Baru setelah itu saya diarahkan ke meja customer service agar lebih paham.Â
Sembari menunggu beberapa orang yang mengantre, iseng-iseng saya membuka aplikasi Brimo milik BRI. Saya berniat membuka beberapa fasilitas yang belum saya ketahui untuk selanjutnya saya tanyakan sekalian saat di depan CS.
Dengan membaca teliti, akhirnya saya paham dan apa yang saya ingin tanyakan dan butuhkan terpenuhi sebelum sampai di meja CS. Namun, saya tidak terburu-buru pulang. Nomor antrean yang sudah saya pegang ingin saya manfaatkan untuk bertanya lebih detail.Â
Lima nomor lagi giliran saya. Namun, karena yang ditangani masalah kredit, tentunya tidak sebentar. Saya pun cemas, antara ingin melanjutkan bertanya kepada CS dan segera meninggalkan ruangan BRI.
Tiba-tiba, mata saya tertuju pada salah satu nasabah yang duduk di sebelah saya sambil bermain HP. Saya melihat sepintas, dia sedang membuka aplikasi Brimo. Terbaca dengan cepat sebuah kata deposito.Â
Alih-alih penasaran, saya pun membuka aplikasi Brimo di HP sendiri. Saya mencoba membuka rekening deposito terendah yang mungkin dilakukan dari sisa saldo saya. Hanya sambil duduk dan tanpa berpindah tempat, ternyata saya berhasil membuka nomor rekening untuk deposito atas nama saya sendiri.Â
Langkah demi langkah pengisian data dipandu. Penjelasan pun mudah dimengerti meski hanya sekadar tulisan tanpa penjelasan dari seorang CS. Bahasa penyajiannya lugas.Â
Saya pun akhirnya memiliki deposito tanpa harus menghadap CS. Namun, demi kepuasan saya yang awam ini, saya tetap menunggu sesaat untuk ke CS meski bukan urutannya. Saya menunjukkan aplikasi dari HP- saya dan menanyakan keabsyahan deposito ini.Â
Petugas CS lalu menjawab jika benar aplikasi itu memang telah memproses transaksi saya dan bisa dipertanggungjawabkan. Uang saya aman meski tanpa antre di CS. Dan saya telah memanfaatkan salah satu kecanggihan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan BRI untuk nasabah sekarang ini.Â
Jika transaksi transfer antar bank, pembayaran beberapa tahihan sudah sering saya lakukan di rumah, pengambilan tunai tanpa kartu di ATM juga pernah saya coba, kini membuka rekening deposito baru saya lakukan. Bukan bermaksud sombong, tetapi saya benar-benar merasakan kemudahan dan kenyamanan dari fasilitas yang diberikan oleh BRI.
Selamat HUT127BRI.Â
Go BRI menuju BRIlianpreneur!
BRI, memang melayani dengan sepenuh hati.Â
Any SukamtoÂ
Nasabah BRI Pelaku UMKM
21 Desember 2022
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI