Mohon tunggu...
Antonius Ruron
Antonius Ruron Mohon Tunggu... Guru - Guru Penjas Sekolahan

You'll never write alone

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Memotivasi Diri Berolahraga

26 September 2022   15:38 Diperbarui: 26 September 2022   15:42 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Antonius Ruron - Bersepeda sore Weri - Pelabuhan Feri Larantuka/Dok Pribadi

Malam minggu kemarin, saya duduk di teras rumah sendirian sambil menunggu istri yang belum juga pulang dari sekolahnya. Padahal saat itu cuaca di luar lagi romantis-romantisnya. Ada rintik -- rintik hujan dan bulan yang terang benderang.

Sambil lihat story wa teman-teman, ketemulah story yang menarik. Ada seorang teman saya menampilkan video dengan caption "gym malam minggu". Setelah kami berbalas chat beberapa kali dia kemudian bercerita sedih bahwa ia baru saja putus cinta, lalu memutuskan untuk melampiaskan emosinya di tempat fitnes.

Katanya lebih baik melampiaskan emosi dengan mengangkat beban, semakin berat beban yang ditaklukan semakin legah perasaan hatinya. Luar biasa memang, pengalihan emosi yang sangat positif, saya kemudian cuman berpesan agar dia fokus dan tidak melampiaskan emosinya pada om-om berbadan kekar namun ototnya lentur dan gemulai. Di tempat gym biasanya ada saja yang begitu.

Kembali ke judul tulisan ini bagiamana memotiviasi diri berolahraga. Pengalaman saya selama ini, ada beberapa kali sepeda saya hanya terparkir beberapa minggu bahkan sampai hitungan bulan. 

Waktu itu karena smartband / gelang pintar yang biasa saya gunakan untuk mengukur jarak, kecepatan dan waktu hingga detak jantung dan lainnya rusak. Tali gelang itu putus dan tidak bisa dipakai.

Data Olahraga menggunakan Mi Smart Band 4 dan aplikasi ZePp Life/Dok Pribadi
Data Olahraga menggunakan Mi Smart Band 4 dan aplikasi ZePp Life/Dok Pribadi

Padahal sepeda saya baik-baik saja, tidak rusak, bisa sekali saya jalan saja bersepeda toh tetap berkeringat, namun ketika berolahga namun kita tidak dapat mengukur kemampuan kita saat itu ternyata bisa membuat kita malas. 

Biasanya saya bisa mengetahui jarak tempuh, kecepatan terbaik, mencatat rute namun ketika alat ukur tersebut rusak, motivasi bersepeda saya pun hilang.

Antonius Ruron - Bersepeda pagi hari/Dok Pribadi
Antonius Ruron - Bersepeda pagi hari/Dok Pribadi

Saat ini jarak tempuh bersepeda saya yang terdata sudah mencapai 630 KM. Target saya adalah mencapai 1.000 KM pada akhir tahun ini. Saya sudah berencana jika target ini tercapai maka beberapa bagian dari sepeda saya akan di upgrade.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun