Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan banyak orang, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Setiap orang yang kita temui, apakah itu keluarga, teman, rekan kerja, ataupun orang lain, bisa saja diperlakukan seperti customer. Dengan memandang orang lain sebagai customer, maka kita akan berperilaku baik dan menghargai mereka.
Saat kita mulai memperlakukan orang lain seperti customer, kita juga akan lebih peka terhadap apa yang bermanfaat bagi mereka atau apa yang dapat mengganggu mereka. Tidak hanya tentang komunikasi yang lancar, tetapi juga bagaimana kita bisa memberikan kontribusi kebaikan dalam kehidupan. Ini bisa melalui dukungan moral, pendapat yang bijak, atau sekadar memberi ruang untuk berbicara dan menjadi pendengar yang baik. Dengan demikian, hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih sehat dan harmonis.
Jika kita memiliki pengalaman sebagai Customer Service atau CS, dan terbiasa memperlakukan oranglain sebagai customer. Meskipun kita berinteraksi dengan orang lain, kita akan tetap obyektif dalam merespon suatu hal. Tetap fokus dengan prioritas dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak relevan dengan urusan kita.Â
Dengan memperlakukan orang lain seperti customer, kita tidak hanya menunjukkan sikap profesionalisme, tetapi juga menciptakan hubungan yang lebih saling menghargai dan mendalam. Dalam setiap interaksi, baik itu urusan karir atau kehidupan sehari-hari, pendekatan ini akan membantu kita untuk tetap menjaga kedamaian, menghargai keberagaman, dan hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita.Â
Nantikan info selanjutnya perihal tips karier, tips customer service, tips belajar dan bekerja.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI