Mohon tunggu...
Anton DH Nugrahanto
Anton DH Nugrahanto Mohon Tunggu... Administrasi - "Untung Ada Saya"

Sukarnois

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Di Balik Revitalisasi Kebun Raya

13 Oktober 2021   17:43 Diperbarui: 18 Oktober 2021   07:47 855 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Kebun Raya Bogor setelah direvitalisasi BRIN Sumber : Instagram Kebunraya.id)

Kamis (13/10), Presiden Jokowi melantik Megawati Sukarnoputeri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

BRIN adalah lembaga payung yang mengintegrasikan seluruh aspek riset dan kreativitas inovasi dalam berbagai bidang yang kemudian diarahkan sesuai dengan tujuan-tujuan nasional. 

Salah satu faktor penting BRIN menyambungkan kekuatan riset dan inovasi yang berkembang di masyarakat dengan fasilitas negara sehingga menguntungkan dan mempunyai dampak baik pengembangan ilmu pengetahuan, sumber daya ekonomis sampai pencerahan budaya. 

Selain itu BRIN merevitalisasi kembali sumber-sumber daya penelitian dan riset di pusat-pusat laboratorium baik laboratorium ruang ataupun laboratorium alam yang selama ini mati suri kemudian dihidupkan kembali dan dapat berguna di masyarakat luas.

Salah satu langkah agenda kerja BRIN adalah "menghidupkan kembali" Kebun Raya sebagai pusat penelitian dan pengembangan riset serta menggairahkan kembali Kebun Raya sebagai destinasi wisata dan pusat rekreasi masyarakat luas. 

Selama ini berbagai Kebun Raya dibiarkan mati suri keberadaannya dianggap ada dan tiada seiring dengan ketidakpedulian negara terhadap pengembangan riset dan penelitian tumbuh-tumbuhan. 

Selama Orde Baru dan periode sebelum Jokowi negara lebih mementingkan pengembangan industri siap pakai dibandingkan riset murni, barulah pada pemerintahan Presiden Jokowi kepedulian terhadap pengembangan riset dihidupkan kembali lewat BRIN. 

Kebun Raya diarahkan jadi pusat pengembangan tanaman-tanaman langka sekaligus mendekatkan diri ke masyarakat sebagai pusat destinasi wisata.

Sebelum renovasi yang dilakukan BRIN manajemen Kebun Raya sangat berantakan, kondisi kebun tak terawat, pusat penelitian tidak berjalan sebagaimana mestinya, bahkan uang tiket tidak bisa dipertanggungjawabkan dan banyak pungli terjadi terhadap aliran kas kebun raya sehingga kondisi kebun raya sangat memprihatinkan. 

BRIN membenahi manajemen kebun raya satu persatu dari beberapa kebun raya di Indonesia diserahkan pengelolaannya kepada swasta dan dilakukan dengan profesional, pembenahan perawatan tata kelola tanaman dilakukan, lansekap kebun raya diatur kembali dan juga menyediakan ruang di dalam area kebun raya sebagai pusat hiburan rakyat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan