Mohon tunggu...
anto darwo
anto darwo Mohon Tunggu... irfan candra

sekolah di uin sunan kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sudut Pandang Islam terhadap Politik

24 Mei 2019   06:10 Diperbarui: 24 Mei 2019   06:36 0 1 0 Mohon Tunggu...

Respon islam terhadap politik di indonesia

Banyaknya orang membawa dan menyertakan agama dalam berpolitik saat adanya kampanye ataupun pidato dalam politik dengan mengutip ayat-ayat yang sesuai dengan kepentingan pribadinya. 

Agama yang seharusnya dijaga dan dimiliki pada setiap pemeluknya dijadikan sebagai media untuk mencari dukungan dan memprofokasi para pendengar yang mendengarkannya. Agama dijadikan sebagai identitas bagi orang yang berpolitik, identitas yang bisa membuat dirinya lebih tinggi dan megangkat derajatnya.

Agama saat ini banyak digunakan untuk kepentingan pribadi pada tiap orang, mengatasnamakan agama dalam kegiatan-kegiatan yang berbau politik bahkan banyak hadits-hadits yang maknanya tidak berisi politik disangkutpautkan dengan politik untuk menarik berbagai kalangan agar mengikuti dan terpengaruh . 

Ayat-ayat Al-Qur'an digunakan sedemikian rupa untuk menguatkan apa yang mereka katakan didepan orang banyak, tanpa melihat resiko ataupun bahaya, dengan mudah mereka membacakan ayat-ayat itu dan memberikan penjelasan atas ayat itu dengan politik yang sebenarnya tidak ada sangkutpautnya sama sekali.

Politik dalam Islam tidak ada larangan untuk mengamalkan ataupun mempraktikkannya. Namun dalam berpolitik pun kita tidak bisa sebebas dengan apa yang kita inginkan atau berpolitik tanpa melihat batasan tertentu. Agama tidak membenarkan politisasi agama, yaitu berpolitik dengan mengelabuhi orang yang beragama untuk kepentingan politik.

Dalam Islam, seluruh sendi kehidupan sudah diatur terutama dalam hal politik atau biasa disebut dengan siyasah. Secara terminology siyasah berarti mengatur, memperbaiki, dan mendidik kata ini lekat hubungannya dengan Negara dan kekuasaan.sejauh mana islam dapat berperan dalam pergulstsn politik bergantung pada sejauh mana kalangan muslim mampu tampil membewa gaya baru yag dapat mengembangkan  kekayaan pengetahuan sosial dan politik

Berpolitik merupakan hal yang sangat penting bagi seorang muslim, salah jika ada orang yang beranggapan bahwa islam tidak usah berpolitik.karena pada aslinya umat islam di Indonesia harus berperan dan ikut andil dalam agenda kehidupan kebangsaan yang bersifat fundamental , seperti mewujudkan kehidupan kebangsaan yang damai, memperjuangkan keadilan bagi seluruh bangsa Indonesia