Mohon tunggu...
Anthro Pod
Anthro Pod Mohon Tunggu... -

dunia MEMANG seluas daun kelor

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Aktifasi atau Aktivasi?

4 Maret 2013   04:55 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:22 17355 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Tak lama setelah melakukan registrasi di kompasiana, saya mendapat kiriman e-mail berjudul "Aktifasi Account KompasID." Dari judul e-mail tersebut saya menemukan kesalahan pengejaan yang sangat sering terjadi di mana-mana.

Aktifasi atau aktivasi, mana yang benar? Sebenarnya kata tersebut merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu activation, yang adalah sebuah kata benda dengan arti "untuk menjadikan aktif". Sebuah kata serapan harus diserap menurut kata asalnya, dalam hal ini activation, diserap menjadi aktivasi, dan bukan berasal dari pemberian imbuhan -asi di belakang kata aktif, yang sendirinya merupakan serapan dari active. Jadi, yang benar adalah aktivasi.

Contoh serupa dapat pula kita temukan sehari-hari misalnya kata sensitivity-sensitifitas (harusnya sensitivitas), activity-aktifitas (harusnya aktivitas), dan standardization-standarisasi (harusnya standardisasi)

Demikian, semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan