Mohon tunggu...
Anthony Dio Martin
Anthony Dio Martin Mohon Tunggu... Human Resources - WISE (Writer, Inspirator, Speaker, Entepreneur), CEO HR Excellency - MWS Indonesia, Penulis 18 Buku, Ahli Psikologi, Profesional Coach

Anthony Dio Martin, WISE (writer, inspirator, speaker dan entepreneur) dan juga ICF certified executive coach, yang dijuluki "The Best EQ Trainer Indonesia". Beliau penulis 18 buku dan lebih dari 25 CDAudio. Salah satu bukunya menerima penghargaan MURI. Beliau pernah memandu beberapa program motivasi di TV kabel, saat ini punya siaran rutin program radio “Smart Emotion” di SmartFM. Youtube: anthony dio martin official IG: anthonydiomartin Kontak & info: 021-3518505 atau 3862521 atau email: info@hrexcellency.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mau Tahu Soal NLP?

21 September 2018   10:32 Diperbarui: 21 September 2018   11:04 1625
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Ketika studi psikologi di awal tahun 90-an, seorang dosen senior mengatakan ada ilmu praktis yang bisa digolongkan dalam ilmu psikologi, tapi tidak menyebutnya psikologi. Namanya NLP. Neuro Linguistic Programming. Saat itu saya melihat bukunya, saya saya tidak tertarik. Kupikir, paling-paling hanya sekedar "kecap merek lain" yang mengklaim tentang teknik mengoptimalkan kemampuan manusia.

Tidak disangka-sangka, sepuluh tahun berikutnya, saya baru tergerak belajar. Masalahnya sederhana, ada begitu banyak orang bicara soal NLP dan NLP, dan hal itu membuat saya penasaran. Kedua, saya penggemar buku, dan rata-rata ilmu pengembanghan diri modern, nyaris sebagian besar menyinggung NLP. Lalu, ketiga, begitu banyak testimonial orang yang mengatakan terbantu hidupnya oleh NLP. Lalu, saya pikir, kalau itu memang bagus, maka saya tidak boleh ketinggalan. 

Maka, saya pun belajar. Ternyata, saya melihat faedahnya. Malahan, tiga jenjang saya ikuti. Mulai dari Basic Practitioner sampai  NLP Trainer. Malahan untuk yang terakhir, saya belajar langsung kepada penggagas ilmu ini yakni John Grinder. Terus terang, saya menyesal. Menyesal, "Mengapa saya terlambat belajar NLP!"

Setelah itu, dalam berbagai buku yang saya tulis. Dalam seminar dan training-training yang saya bawakan, saya banyak mencuplik ilmu NLP ini. Dan, harus saya akui, banyak yang terbantu oleh ilmu ini. Terakhir, ketika saya menuliskan artikel ini, saya baru saja membantu seorang peserta yang fobia emping (bayangkan, emping yang enak, jadi bahan fobia). Setelah menerapkan NLP, di depan semua peserta, ia mengambil emping dan meremasnya sambal berkata, "Hei Emping, kok bisa-bisanya aku takut sama kamu!". Itulah NLP. Tidak harus percaya, tapi nyatanya prinsip-prinsipnya NLP terbukti bisa membantu.

Bukan sulap, bukan sihir. Dan terapi emping itu terjadi hanya dalam 30 menit waktu istirahat sore ketika training berlangsung.

Jadi Apakah NLP itu?

Inilah penjelasan tentang NLP yang lebih saya sukai.

NLP adalah metodologi untuk sukses.

NLP mengatasi hambatan masa lalu yang membelenggu kita.

Menyadarkan serta mengoptimalkan soal potensi kita saat ini.

Serta merancang bagi kita masa depan yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun