Anthony Yanuar
Anthony Yanuar

-karyawan swasta -film (tv series, movie, tokusatsu, anime) -literatur (manga & komik) -kuliner

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Venom, Alien Parasit dari Marvel

12 Februari 2018   20:20 Diperbarui: 12 Februari 2018   20:26 304 0 0
Venom, Alien Parasit dari Marvel
https://twitter.com/venommovie?lang=en

Sekilas tentang Venom

Saya pertama kali mengenal Venom dari serial kartun Spider-Man. Dulu sempat tayang di RCTI sekitar tahun 1996-1998. Venom merupakan salah satu villain Spider-Man yang unik, karena ia sempat "bergabung" dengan Spider-Man menjadi kostum warna hitam. Kostum ini memberikan kekuatan fisik dan stamina lebih bagi pemakainya. Jika sang pemilik membutuhkan Venom, ia akan datang sendiri untuk menyelubungi tubuh pemilik. Spider-Man tidak perlu repot-repot mengisi dan memakai alat penembak jaring (web-shooter) nya, karena kostum ini memproduksi jaring sendiri.

Lha Venom ini sebenarnya apa? 

Venom adalah sejenis alien parasit atau symbiote yang membutuhkan induk semang. Tujuannya adalah menguasai tubuh sang inang. Diceritakan bahwa Spider-Man mengalami kelelahan terus menerus, karena tubuhnya diambil alih si kostum saat dia tidur. Secara perlahan kostum tersebut mengubah kepribadian pemakainya. Spider-Man memeriksakannya pada Dr. Curt Connor (selanjutnya salah satu musuh Spider-Man dengan julukan Lizard), yang kemudian memberitahukan bahaya dari kostum hidup tersebut.

Spider-Man berusaha membebaskan diri dari kostum, namun tidak bisa. Dalam keputusasaan, Spider-Man berayun ke menara lonceng sebuah gereja dan secara tak sengaja menyingkap kelemahan symbiote tersebut. Gelombang sonik dari dentangan lonceng mengusir Venom dari tubuh Spider-Man. Selanjutnya alien parasit itu hinggap di seorang wartawan yang memiliki dendam kepada Spider-Man, bernama Eddie Brock. Lahirlah musuh baru Spider-Man.

Fun Fact mengenai Venom:

-Karakter Venom diciptakan oleh Todd McFarlane, salah satu pendiri Image Comics yang juga menciptakan Spawn.

-Ada (setidaknya) dua asal-usul Venom. Yang pertama; dia terbawa masuk ke bumi oleh pesawat ulang alik, sekembali dari perjalanan luar angkasa. Yang kedua; dia mendatangi Spider-Man di luar angkasa saat event Secret Wars.

-Venom memiliki kekuatan sama persis dengan Spider-Man (menembakkan jaring, merayap di dinding, super stamina dan super strength), tetapi setingkat lebih kuat.

-Spider-Sense milik Spider-Man tidak mampu mendeteksi ancaman Venom

-Venom muncul di layar lebar pada film Spider-Man 3 (2007), diperankan oleh Topher Grace sebagai Eddie Brock.

-Eddie Brock bukan satu-satunya karakter selain Spider-Man yang pernah mengenakan kostum Venom. Selain mereka berdua, ada The Scorpion alias Mac Gargan [muncul di After Credit Scene Spider-Man:Homecoming (2017) sebagai narapidana yang mengintimidasi Vulture] dan Flash Thompson sebagai Agent Venom.

-Venom bukan satu-satunya alien parasit/Symbiote di Marvel. Selain itu ada Carnage, Anti-Venom, dan Toxin.

Venom (2018 movie)

Film ini diproduksi oleh Sony Pictures, pemegang lisensi Spider-Man bersama dengan Marvel. Sedikit yang diketahui akan plot film ini. Pihak Sony mengkonfirmasi bahwa film ini akan berdiri sendiri dan tidak berkaitan dengan Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebuah pertaruhan yang besar, mengingat Spider-Man sendiri sudah menjadi bagian dari MCU sebagai anak didik Iron Man. Akan tetapi ada rumor mengenai penampilan Tom Holland (Spider-Man dari MCU) sebagai cameo. Film ini dibintangi Tom Hardy (Mad Max:Fury Road, The Dark Knight Rises) sebagai Eddie Brock.

Trailer terbaru film ini sudah ditayangkan tanggal 8 Februari 2018 lalu.

Akankah karakter spin-off dari Spider-Man ini akan diterima oleh para penggemar Film Marvel di seluruh dunia, atau bakal flop seperti Fantastic Four (2015)? Kita tunggu saja.