Mohon tunggu...
Anonias
Anonias Mohon Tunggu... Konsultan - Korban Penipuan Shopee

Korban Penipuan Shopee

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Shopee Biarkan Penipu Berkeliaran, Banyak Korban Customer Service Cuek

20 November 2019   17:15 Diperbarui: 20 November 2019   17:26 948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saya melakukan transaksi di Shopee per tanggal 22 September 2019 dengan nomer order 19092214082xxFB dari seller mayangriyadi namun hingga hari ini, 20 November 2019 barang masih belum diterima.

Awalnya penjual selalu merespon chat, namun setelah saya melakukan transaksi jadi gak pernah reply. Seminggu setelah pemesanan saya tunggu, barang masih belum diterima dan penjual masih belum respon chat. Saya mulai panik sehingga saya klik "perpanjang masa garansi shopee" dengan tujuan memperpanjang batas waktu hingga pesanan selesai otomatis dan uang diteruskan ke penjual. Bahkan sampai pesanan selesai otomatis pun penjual masih belum mengirimkan barang dan tidak kunjung respon.

Begitu saya lihat ternyata banyak pembeli yang memberikan bintang 1 kepada penjual dan mengadukan bahwa barang mereka juga belum diterima sejak tanggal pemesanan yang sudah cukup lama. Akhirnya saya coba hubungi CS Shopee.

Saat menghubungi CS Shopee, jawaban mereka seperti robot. Terus-terusan bilang "pesanan sudah selesai otomatis ya" - informasi yang mereka sampaikan sama saja dengan informasi yang saya bisa cek sendiri di status pesanan. Lalu saya infokan bahwa penjual ini mencurigakan dan banyak pembeli yang memberikan review bintang 1 karena barang mereka pun belum sampai.

Dua minggu berlalu, jawabab CS masih sama. "Pesanan sudah selesai otomatis", "seharusnya jika barang belum diterima gunakan garansi Shopee", "kami sudah menghubungi penjual namun belum ada respon", dan "kami tidak bisa refund dana karena dana sudah diterima penjual". Namun yang bikin saya tidak terima adalah saat salah satu CS mereka menelpon saya dan ditengah-tengah pembicaraan dia memutuskan sambungan telpon. Kemudian tidak lama mereka kirim email kembali bilang bahwa "seharusnya cek reputasi penjual dahulu sebelum transaksi".

HELLOOOO? Kalian lah yang membiarkan penjual penipu ini berjualan di Shopee. Namun kenapa terus-terusan menyalahkan saya yang jelas-jelas adalah pihak yang dirugikan pada kasus ini.

Jujur ini membuat saya jadi tidak mau menggunakan layanan Shopee lagi. Pelayanan CS-nya jelek, jawaban seperti robot, dan tidak ada pembelaan kepada pembeli sama sekali. Hati-hati bagi yang ingin menggukanan Shopee.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun