Mohon tunggu...
Annisa UswatunKhasanah
Annisa UswatunKhasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hi! Saya Annisa Uswatun

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Siapa Bilang Catur Tidak Termasuk Olahraga?

25 Juli 2021   20:25 Diperbarui: 25 Juli 2021   20:31 189 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Bilang Catur Tidak Termasuk Olahraga?
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang identik dengan aktivitas fisik berat yang dapat mengeluarkan banyak keringat, misalnya seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Olahraga juga memiliki banyak manfaat yang salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh. Namun terdapat salah satu olahraga yang tidak perlu menggunakan fisik yang berat dan tidak perlu mengeluarkan banyak keringat, olahraga tersebut adalah catur. Sebenarnya banyak orang yang mengira jika permainan catur ini tidak termasuk dalam kategori olahraga, namun pada kenyataannya permainan catur ini masuk menjadi salah satu dalam kategori cabang olahraga.

Olahraga catur adalah olahraga yang digemari banyak orang didunia, karena bermain catur dapat dilakukan dimana saja, tidak melihat usia ataupun jenis kelamin. Dalam permainan ini, catur bisa dikatakan olahraga yang unik karena para pemain tidak perlu mengeluarkan banyak keringat atau menegangkan otot untuk menikmatinya atau memenanginya. Catur merupakan salah satu jenis olahraga yang tidak banyak menggunakan fisik, namun pada permainan ini lebih mengandalkan kemampuan dalam berpikir, menganalisa, dan juga menyusun strategi-strategi untuk mengalahkan lawan main dari permainan catur itu sendiri.

Catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan papan yang berbentuk persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna putih dan hitam. Setiap pemain dalam permainan catur ini masing-masing memiliki 16 buah, yaitu terdiri dari raja, meter,, dua gajah, dua kuda, benteng, dan delapan bidak (pion). Kenapa catur dapat masuk dalam kategori olahraga? Catur bisa masuk ke dalam kategori olahraga karena permainan catur ini lebih menguras otak dari pada tenaga. Olahraga ini tentu berbeda dengan olahraga yang biasa dilakukan, pada umumnya permainan catur dimainkan oleh dua orang pemain yang dilakukan dengan cara duduk berhadapan yang di depannya terdapat masing-masing catur. Permainan catur ini dapat dimainkan oleh semua kalangan dan usia.

Olahraga catur tergolong sebagai salah satu kegiatan melatih otak. Dalam permainan catur, otaklah yang memiliki peran utama yang sangat penting. Energi yang dibutuhkan oleh otak untuk melakukan permainan ini memang tidak sedikit karena otak akan terus di paksa untuk berkonsentrasi menentukan strategi, baik strategi untuk bertahan maupun menyerang. Permainan ini juga tidak bisa dikatakan mudah, walaupun tidak berkeringat, namun olahraga catur ini cukup melelahkan apalagi bagi orang yang belum terbiasa bermain. Disini karena sebagian besar organ yang berperan adalah otak, olahraga catur ini bisa disebut juga sebagai olahraga otak. Otak pemain catur ini harus bisa memprediksi dua atau lebih langkah ke depan untuk mendapatkan pertahanan dan pernyerangan yang baik. Jadi tidak heran orang yang jagobermain catur biasanya tergolong orangyang cerdas, karena sudah terbiasa untuk selalu berpikir.

Dalam permainan catur, otak menjadi hal yang paling penting dari pada anggota tubuh lainnya. Otak dalam permainan catur akan membutuhkan energi yang tidak sedikit karena otak akan terus menerus berkonsentrasi untuk berpikir dalam menentukan langkah yang akan diambil selanjutnyaa. Berdasarkan pengalaman permainan catur bisa dikatakan suatu permainan yang tidak mudah untuk dimenangkan, meskipun tidak mengeluarkan banyak keringat namun olahraga ini cukup melelahkan. Saat memainkan catur, hal yang perlu dilakukan adalah terus berpikir untuk menyusun strategi supaya kita tidak lengah dan tidak mudah dikalahkan oleh lawan main kita. Jadi, orang yang suka bermain catur adalah orang yang cerdas karena orang tersebut sudah terbiasa dengan berpikir untuk melakukan hal apa yang akan dijalankan selanjutnya.

Sementara itu terdapat beberapa orang yang menganggap kalau permainan catur  bukan bagian dari cabang olahraga karena dalam permainan ini tidak ada aktivitas fisik yang dilakukan, namun ada juga beberapa pihak yang menganggap catur adalah olahraga. Anggapan tersebut didasari oleh arti olahraga yang terdapat dalam kamus bahasa Inggris Oxford yang menyatakan bahwa olahraga merupakan suatu kegiatan yang melibatkan pengarahan tenaga fisik dan keterampilan di mana seorang individu atau tim bersaing dengan orang lain.

Terdapat dua unsur yang terdapat di dalam arti olahraga pada kamus bahasa Inggris Oxford yaitu keterampilan dan seseorang yang bersaing dengan orang lain ini menjadi alasan mengapa catur bisa dimasukkan ke dalam kategori olahraga. Selain itu, untuk bisa memenangkan permainan catur, pemain harus menggunakan strategi.

Permainan catur meski tidak mengeluarkan keringat, namun catur ini juga cukup melelahkan karena otak harus berpikir keras untuk memikirkan strategi yang akan dimainkan untukk mengalahkan lawan, tetapi pada permainan catur ini juga memerlukan ketangguhan fisik,terutama jika permainan catur berlangsung dengan durasi panjang hingga beberapa jam. Terdapat beberapa alasan mengapa catur dapat tergolong dalam cabang olahraga, yaitu memerlukan banyak latihan, menyusun strategi dalam bermain, dan fisik yang kuat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x