Mohon tunggu...
ANNISATUZ ZAHRO
ANNISATUZ ZAHRO Mohon Tunggu... Lainnya - "Mahasiswa prodi pendidikan IPA, Universitas Pancasakti Tegal"

Nama : Annisatuz zahro Jurusan : pendidikan ipa alamat : desa dumeling ,kec.wanasari kab. Brebes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan sebagai Proses Mengembangkan Pola Pikir dan Potensi Diri

24 November 2020   22:31 Diperbarui: 24 November 2020   22:51 710 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan suatu proses belajar yang dapat mengembangakan pola pikir dan potensi pada setiap individu. Selain itu, pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia untuk mengurangi kebodohan, keterbelakangan, dan kemiskinana karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh menjadikan seseorang tidak mampu mengatasi problematika. 

Dengan kata lain bahwa setiap manusia membutuhkan suatu pendidikan. Pendidikan juga dapat  mengarahkan seseorang dalam menjalankan kehidupan sebagai makhluk yang beragama dan makhluk sosial yang baik. Kehidupan dengan pendidikan yang memadai akan mewujudkan suatu Negara dan bangsa  yang cerdas dan bermartabat.

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran adalah unsur  yang utama. Pembelajaran merupakan sebuah interaksi antara siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pendidik dan juga interaksi antar siswa dalam proses belajar dan dalam materi pelajaran. Dalam proses kita dapat mengetahui bagaimana potensi kita dalam belajar. Potensi  adalah kesanggupan, daya, kemampuan untuk berkembang.

   Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi masing-masing. Ada beberapa potensi yang ada dalam diri masing-masing yakni :

  • Potensi fisik, yakni bukan hanya dilihat dari kesehatan fisik seseorang dan keberfungsian anggota tubuh akan tetapi dalam hal ini potensi fisik yang dimaksudkan adalah berhubungan dengan priporsi pertumbuhan dan perkembangan fisik,perkembangan dan ketrampilan psikomotorik.
  • Potensi kepribadian, mengacu pada kemampuan dalam mengelolah emosi,mengembangkan dan menjaga mmotivasi belajar ,berinteraksi kepada sesama, berkomunikasi,responsibilitas, sikap, dan kebiasaan pada diri kita masing-masing.
  • Potensi intelektual, yakni berhubungan dengan kecerdasaan yaitu meliputi prestasi akademik, kecerdasaan umum, kemampuan khusus(bakat),dan kreatifitas dalam mengerjakan sesuatu.

     Belajar dapat mengembangkan pola pikir maksud dari kata tersebut yakni bahwa setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda- beda yang sering menimbulkan perselisihan pendapat. Untuk mengembangkan pola pikir kita harus belajar agar kita bisa menyikapi suatu masalah ataupun ancaman dengan menyikapinya secara bijak tanpa merugikan orang lain dan kita bisa menghargai suatu keputusan atau kesepakatan dari suatu masalah.

#pendidikan

#pendidikan IPA

#UPS Tegal

#kuliah asik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan