Mohon tunggu...
Annisa SilaPuspita
Annisa SilaPuspita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

hay you there

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Desa Kalisalak, Kabupaten Batang Menyulap Sampah Organik Menjadi Bermanfaat

28 September 2022   19:19 Diperbarui: 28 September 2022   19:20 139 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Desa Kalisalak, Kabupaten Batang Menyulap Sampah Organik Menjadi Bermanfaat

Kalisalak, Batang (24/06)-Desa Kalisalak merupakan suatu daerah yang berlokasi di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Luas wilayahnya sebesar 144,99 hektar dengan jumlah penduduk 3.103 jiwa. 

Secara geografis desa ini berbatasan dengan Kecamatan Warungasem dan beberapa kelurahan yang mengelilinginya dan memiliki 4 fusun, 4 RW serta 19 RT. Desa yang berada di Kecamatan Batang ini memiliki potensi untuk menjadi desa swakarya. 

Potensi desa yang ada dapat dikembangkan melalui pemanfaatan sektor perkebunan dan pertanian yang diantaranya jeruk bali, rambutan, durian, ketela, hutan sengon dan padi. 

Selain itu, desa ini berpotensi untuk tumbuh secara mandiri dengan adanya pusat perbelanjaan Pujasalika yang dikelola oleh masyarakat disana. Potensi-potensi yang ada pada Desa Kalisalak tentu tak luput akan timbulnya sampah yang dihasilkan dari setiap prosesnya. 

Inilah yang menjadi urgensi  dalam mengembangkan suatu desa mandiri untuk dapat mengelola sampahnya sendiri dimulai dari masyarakatnya. Oleh sebab itu, tim IDBU melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi akan pentingnya menjaga rona lingkungan dengan memberikan materi dan pelatihan langsung kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK untuk dapat melakukan pengurangan sampah dimulai dari sumber dengan memanfaatkan teknologi yang mudah dan dapat di aplikasikan di rumah.

Terlebih ini merupakan tahun pertama dari rencana 3 tahun tim IDBU akan melakukan pengabdian pengembangan desa mandiri di Desa Kalisalak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Edukasi Biopori Sebagai Teknologi Pengurangan Sampah

Biopori merupakan suatu teknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan resapan air sehingga dapat mencegah terjadinya genangan di kawasan yang di tanami oleh biopori. 

Selain itu, biopori juga dapat dijadikan tempat masyarakat untuk dapat membuang sampah organik rumah tangga kedalam lubang ini karena seperti yang kita ketahui sampah merupakan masalah yang cukup kompleks dan universal bagi umat manusia. 

Bahan untuk mempersiapkan biopori pun juga cukup mudah di cari seperti peralon, solder sebagai pelubang dan tutup peralon untuk menutup lubang. Pada pengabdian kali ini tim IDBU memberikan edukasi secara langsung dengan mempraktekkan dan menunjukkan biopori kepada masyarakat Desa Kalisalak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan