Mohon tunggu...
Siska Dewi
Siska Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - Count your blessings and be grateful

Previously freelance writer https://ajournalofblessings.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Perhatikan 10 Hal Ini Saat Wawancara Kerja

19 September 2021   07:08 Diperbarui: 19 September 2021   16:15 725 72 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perhatikan 10 Hal Ini Saat Wawancara Kerja
Ilustrasi wawancara kerja (Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels)

Curriculum vitae (CV) berperan penting saat Anda melamar pekerjaan. CV yang dikerjakan secara profesional dapat menarik perhatian calon atasan untuk mengundang Anda menghadiri wawancara kerja.

Namun, ada hal yang lebih penting daripada CV.        

Ya, mempersiapkan diri dengan matang dan menghadiri wawancara dengan sikap positif jauh lebih penting.

Saat wawancara kerja, Anda harus siap “menjual” diri Anda sebagai orang yang paling cocok untuk posisi yang ditawarkan. Perhatikan 10 hal di bawah ini agar peluang Anda untuk berhasil lebih besar.

Pertama, perhatikan penampilan Anda

Penampilan menentukan kesan pertama yang Anda timbulkan. Ada baiknya Anda mencari informasi mengenai aturan berpakaian di perusahaan yang Anda lamar. Boleh saja Anda berpakaian semi formal jika hal tersebut menjadi gaya busana mereka.

Jika Anda tidak yakin, pilihlah pakaian formal. Berpakaian terlalu santai bisa membuat suasana menjadi canggung dan tidak nyaman.

Dengan penampilan yang baik dan sopan, pewawancara akan menganggap Anda serius ingin bekerja di perusahaan mereka. Anda pun memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Kedua, datang lebih awal

Ilustrasi datang terlambat (Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels) 
Ilustrasi datang terlambat (Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels) 

Saat mengundang Anda, HRD dan calon atasan telah meluangkan waktu untuk menunjukkan minat pada Anda. Mereka ingin mengenal Anda lebih dalam. Mereka ingin tahu bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan budaya dan organisasi mereka.

Jangan buang waktu mereka dengan datang terlambat! Hal ini dapat memberi kesan pada mereka bahwa Anda tidak serius atau tidak dapat diandalkan. Sebaliknya, berusahalah datang lebih awal. 

Melansir HuffPost, Amy Polefrone, CEO dari HR Strategy Group mengatakan paling baik jika tiba 10-15 menit sebelum jadwal wawancara.

Josh Doody, seorang salary negotiation coach dan mantan hiring manager juga menyarankan untuk berangkat 15 menit lebih awal guna mengantisipasi hal-hal yang tak terduga dalam perjalanan.

Hal yang sama juga disarankan Phyllis Hartman, pendiri perusahaan sumber daya manusia PGHR Consulting. “Datanglah sekitar 15 menit lebih awal, jika pewawancara sudah siap lebih awal, maka Anda dalam posisi yang baik,” katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan