Mohon tunggu...
AN Khusna
AN Khusna Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu rumah tangga

Berkarya lewat nyala aksara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

"Jalan Ninja" Guru PAUD Mengarungi PJJ di Kala Pandemi

11 Oktober 2020   00:21 Diperbarui: 11 Oktober 2020   00:28 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image by  Joyjit Chowdhury from pixabay.com

Prihatin menyertai, tatkala melihat teman-teman seangkatan semasa kuliah di prodi PG-PAUD yang kini bekerja sebagai guru di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), di Kelompok Bermain (KB) maupun Taman Kanak-kanak (TK) mesti melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena dampak pandemi Covid-19 yang belum kunjung membaik.

Tentu ada perbedaan yang kentara di setiap aspek pembelajaran pada saat sebelum dan saat terjadinya pandemi. Mulai dari pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), rencana pelaksanaan mingguan (RPM), penyediaan media pembelajaran atau alat peraga edukatif (APE), lembar kegiatan anak (LKA), sampai dengan proses penilaian akhir semester (PAS).

Di Kabupaten Magelang, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 masih tinggi di sejumlah kecamatan. Informasi tersebut dapat dilihat di laman website Info Corona Kabupaten Magelang. Lima besar kecamatan dengan jumlah pasien konfirmasi yang tinggi, antara lain: Salam (26), Mertoyudan (24), Bandongan (19), Mungkid (18), dan Salaman (14). Sementara itu, informasi mengenai Covid-19 untuk Kota Magelang, dapat diakses di laman website Covid19 Magelang Kota. 

Berdasarkan data terbaru tertanggal 10 Oktober 2020, sudah ada kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 222 orang. Kabar baiknya, 166 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Guna menekan laju penyebaran Covid-19 di sektor pendidikan, dilakukan dengan memukul rata pelaksanaan PJJ untuk semua tingkat satuan pendidikan, termasuk di lingkup PAUD.

Beberapa hari lalu, saya sempat mengajukan sejumlah pertanyaan virtual berkaitan dengan serba-serbi PJJ kepada teman-teman yang berprofesi sebagai guru PAUD yang rerata bekerja di sebuah yayasan di wilayah Karesidenan Kedu, salah tiga di antaranya di Magelang (Kab & Kota) dan Purworejo. Mereka juga berbagi cerita mengenai suka dan duka menjalani PJJ yang sudah terlaksana selama berbulan-bulan ini. 

Melelahkan, memang. Namun, setiap regulasi yang ada mesti dikelola dengan sebaik-baiknya. Regulasi emosi, pikiran, juga sistem yang kini tengah dijalani.Gambaran PJJ tak semudah yang dibayangkan. 

Ketika kondisi normal sebelum terjadi pandemi, hampir seluruh aspek pembelajaran seperti RPM, RPPH, APE, LKA, dan PAS sudah terjadwal dan terstruktur. 

Semua terencana saat pembahasan bersama pada rapat kerja di awal semester. Namun, ketika pasukan Covid-19 menyerang, setiap hari adalah evaluasi dan intervensi. 

Dari semula rencana A, menjadi rencana B, berubah ke rencana C, dan seterusnya. Hampir setiap pekan diadakan evaluasi terkait jadwal dan siklus pembelajaran. Musabab rencana pembelajaran masih bergantung mengikuti perubahan zona Covid-19 dan arahan dari dinas pendidikan setempat.

Pada saat orientasi atau masa perkenalan terhadap anak didik baru, sejumlah guru mesti melakukan tatap muka langsung dengan cara home visit ke masing-masing anak didik. Tentu dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan secara ketat. Alternatif lain dengan mengirimkan video perkenalan di grup Whatsapp wali murid. 

Ketika awal-awal PJJ, jika sekelas ada 15 anak, sementara batas maksimal tatap muka satu kelompok adalah empat anak, maka guru biasanya akan berkunjung sebanyak tiga-empat kali di tempat yang berbeda. 

Namun, kini untuk menghendaki tatap muka ada kebijakan baru, yaitu maksimal sejumlah dua kali dalam seminggu di sekolah. Sehingga dari 15 anak tersebut, guru bisa mengajar sebanyak lima kali untuk masing-masing kelompok dalam seharinya.

Sebelum pandemi, satu APE dapat dipergunakan secara bersama-sama oleh anak didik. Kini, RPPH dibuat sederhana dari segi tampilan dan bahasa karena mesti dibagikan ke seluruh wali murid, supaya mudah dipahami dan dijalankan oleh mereka. 

Tema mingguan yang sudah ada sebelumnya, seperti tema "Diri Sendiri", "Keluargaku", "Alat Transportasi", dan sebagainya. Kemudian berganti menjadi tema "Halaman Rumahku", "Ruang Ibadah", "Dapur", dan lain-lain. 

Khusus untuk tema yang disertai praktek dan ibadah harian, guru mesti melakukan proses pengambilan video dan setelah diedit baru diunggah di kanal Youtube milik lembaga sekolah atau grup WA wali murid. Sehingga, dapat diakses oleh setiap anak didik.

Kendala teknis selama pelaksanaan PJJ sejauh ini, sebagian besar sudah dapat diatasi dan mulai tertata, walau masih jauh dari kata ideal dan memenuhi 'tuntutan' dari sebagian pihak wali murid. Ada satu hal yang terasa janggal, berkaitan dengan stimulasi karakter dan pendekatan kepada anak didik. 

Biasanya, guru dapat memberikan sejumlah sentuhan. Ketika anak menangis, guru memberikan pelukan, membelai kepala sang anak saat memberikan pengertian, menggenggam tangan anak untuk meyakinkan sesuatu atau menyalurkan energi positif, duduk bersebelahan tanpa khawatir jarak saat meminta anak didik mengutarakan pendapat. Semua itu, tidak lagi bisa dilakukan. Di samping, pastinya, ada sosok orang tua yang terus mendampingi proses PJJ anak didik.

Suka dan duka mengiringi perjuangan yang tengah mereka lakukan. Merasa sedih karena semakin jarang bertatap muka langsung dan melakukan pembelajaran di kelas dengan anak didik serta berbagi pengalaman mengajar harian bersama teman sejawat. 

Ada saja materi dan indikator capaian pembelajaran anak didik yang tidak sesuai atau belum memenuhi target. Namun, rasa syukur masih tetap bersemayam, sebab bertambah waktu bersama dengan keluarga. Membersamai tumbuh kembang anak-anak ketika berada di rumah. Apapun itu, semua mesti dijalani dengan sepenuh hati. Untuk terus bisa membersamai anak sendiri dan anak didik.

Harapan para guru dan kita semuah cukup satu: semoga Yang Maha Kuasa lekas mengangkat pandemi ini dari muka bumi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun