MEMBATIK DENGAN FINGER PAINTING
Metode Bermain Melalui kegiatan “Membatik dengan teknik finger Painting sangat efektif di gunakan dalam meningkatkan kemampuan motori halus pada anak”
Metode pembelajaran adalah serangkaian penyajian materi ajar yang dapat dilakukan oleh guru meliputi semua aspek sebelum, proses/sedang dilakukan dan sesudah pelaksanaan (hasil) pembelajaran serta segala fasilitas yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar di sekolah.
Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru terutama pada anak usia dini adalah metode bermain, metode karya wisata, metode bercakap-cakap/tanya jawab, metode bercerita/mendongeng, metode demontrasi, metode proyek, dan metode pemberian tugas. Pentingnya seorang guru mengetahui macam-macam metode pembelajaran agar guru dapat menggunakan variasi metode pembelajaran saat mengajar.
Metode pembelajaran yang paling disenangi oleh anak usia dini adalah metode bermain, karena kegiatan bermain ini penting sekali bagi perkembangan anak dimana anak dapat berlatih, mengeksploitasi, merekayasa, berimajinasi dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh anak melalui kegiatan bermain sehingga anak tidak merasa sedang mengerjakan tugas tetapi anak merasa sedang bermain-main dan bersenang-senang.
Salah satu alternatifnya yaitu melalui Permainan membatik dengan teknik finger Painting sangat efektif di gunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus, seni dan sosial emosional pada anak.
Dengan mencampur warna dan finger painting adalah suatu permainan yang menyajikan pesan atau pembelajaran membuat warna baru dengan mencapmur dua warna yang berbeda untuk anak usia dini dan melakukan kegiatan membatik dengan finger painting dengan jari dan telapak tangan untuk mengembangkan motorik halus dan seni anak, sosial emosional anak pada kegiatan di lakukan secara bersama-sama dengan teman.
Pelaksanaan kegiatan membatik dengan teknik finger painting sebagai berikut :