Mohon tunggu...
Anis Safitri
Anis Safitri Mohon Tunggu... Penulis - Learner

Menulis: alternatif untuk menebar cinta kasih dan membuat dunia lebih baik. Mari berkoneksi melalui website saya www.anissafitri.com dan Instagram @irtifassina.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Keuntungan Jadi Asisten Dosen

22 Juli 2022   23:55 Diperbarui: 23 Juli 2022   00:00 183 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Asisten Dosen (sumber: pixabay.com)

Halo, Teman-teman! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia, ya. 

Kali ini, saya akan berbagi keuntungan atau manfaat apa saja yang dirasakan ketika menjadi asisten dosen. Perlu diketahui, saya mengartikan asisten dosen sebagai sebuah pekerjaan/status ketika mahasiswa membantu kegiatan dosen, entah itu penelitian, pengabdian masyarakat, atau proyek lainnya. 

Jadi, mahasiswa bisa saja menjadi asisten dosen ketika dosen tersebut membutuhkannya di suatu waktu (kita jadi freelancer). 

Lalu, apa saja keuntungan jadi asisten dosen? Simak 3 poin berikut ini. 

1. Dapat pengalaman yang tidak bisa didapat di bangku kuliah 

Keuntungan pertama yaitu mendapatkan banyak pengalaman. Sudah pasti, mahasiswa yang menjadi asisten dosen akan menemukan hal-hal baru yang tidak ditemukan ketika kuliah di kelas. Mungkin untuk pertama kalinya, seorang asisten dosen pemula akan mengalami kebingungan. 

Tapi percayalah, kebingungan itu hanya sebentar. Proses adaptasi wajar terjadi. Setelah itu, mahasiswa akan merasakan banyak pengalaman yang amat berguna. 

2. Dapat uang saku yang lumayan 

Paling asyik ketika jerih payah kita bisa dihargai orang lain. Sebagai mahasiswa, kita mungkin sudah senang ketika diberi kesempatan mengerjakan proyek tertentu. Tapi, lebih lengkap kebahagiaan kita jika ada insentif tambahan sebagai bentuk apresiasi ke kita hehe. 

Biasanya, dosen memiliki proyek dari Dikti/sebuah kementerian lain dan memeroleh dana hibah. Ketika dosen tersebut meminta bantuan mahasiswa, dosen akan memberikan sejumlah uang sebagai bentuk apresiasi. Berapa besaran uangnya? Tergantung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan