Mohon tunggu...
Anisa Siti Fatimah
Anisa Siti Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Makan apapun minumnya tetap teh botol :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penggunaan Google Form sebagai Media Alternatif Guru dalam Pembelajaran Jarah Jauh di Masa Pandemi Covid-19

2 Agustus 2021   03:07 Diperbarui: 2 Agustus 2021   05:58 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Google Form sebagai Media Alternatif Guru dalam Pembelajaran Jarah Jauh di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Covid-19 adalah wabah yang saat ini sedang melanda dunia termasuk Indonesia. Dilansir dari worldmeters tercatat 192.281.116 kasus dari seluruh dunia. Penyebaran virus coronan di indonesia hingga saat ini belum ada tanda-tanda penurunan. keadaan ini berdampak pula pada proses pembelajaran di sekolah. Pemerintah mengambil kebijakan melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di rumah masing-masing atau lebih di kenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kondisi tersebut membuat perencanaan yang telah di buat oleh guru harus didaur ulang dari mengubah metode pembelajaran yang diberikan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, semua harus tetap dijalani dan dikerjakan sebagaimana mestinya karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini memerlukan energi ekstra bagi guru selain itu guru juga harus bisa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Pada awal Pandemi mungkin kebanyakan guru lainnya merasakan kebingungan mengenai media pembelajaran apa yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Hingga pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan media sosial WhatssApp (WA). pembelajaran dilakukan dengan cara guru menguploud berkas soal yang kemudia akan dijawab oleh para peserta didik yang di ajar. Namun, kemudia karena merasakan berbagai kendala dengan metode yang digunakan mulai dari kendala utama penyimpanan dalam handphone yang terlalu banyak data (bentuk foto/video), menulis absensi data siswa yang terjadi tumpang tindih data yang dituliskan, dan memerikas tugas yang memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), karena pendidik /guru haruslah dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Lalu akhirnya menemukan solusi untuk mempermudah proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu, dengan menggunakan google form yang merupakan salah satu komponen yang dimiliki oleh layanan google docs. Aplikasi ini sangat sesuai untuk semua kalangan, selain itu google form dapat dibagikan ke orang-orang secara terbuka atau khusus kepada pemilik akun Google dengan pilihan aksesibilitas, seperti : Read Only (Hanya dapat membaca) atau Editable (dapat mengedit dokumen).

Berikut saya akan menjabarkan cara yang sangat mudah dalam membuat materi dan soal dalam google form :

1. login ke email miliki gmail, lalu klik Aplikasi Google, pilih drive (pojok kanan)


2. Lalu Klik drive Saya.


3. setelah itu klik lainnya google formulir, kemudian pilih formulir kosong.


4. masuk ke formulir, lalu menu yang ada didesain untuk membuat sebuah formulir, misalnya untuk mengisi data (siswa/guru) dan lain sebagainya.


5. jika ingin diubah untuk Quiz atau soal, Klik setelan atau setting.


6. setelah muncul dialog, pilih quiz lalu simpan.


7. klik plus (+) untuk menambahkan kolom soal. tersedia berbagai jenis pertanyaan, jawabang singkat,Paragraf, pilihan ganda pilihan boleh lebih dari satu,surver dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x