Mohon tunggu...
anisa kania firdaus
anisa kania firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Teknik Arsitektur UPI

KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN-T Gelombang 2 UPI 2021: Penguatan Literasi sebagai Persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SMPN 4 Bandung

25 September 2021   23:23 Diperbarui: 25 September 2021   23:27 208 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada tahun 2019 Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) melakukan survey berkaitan dengan tingkat literasi beberapa negara. Hasil survey menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan ke-62 dari 70 negara yang memiliki tingkat literasi ter-rendah.

Sejak tahun 2016 dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan program Gerakan Literasi Nasional yang terdiri dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga, dan Gerakan Literasi Masyarakat. Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 23/2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, yang mana salah satu tujuannya berupaya untuk memperkuat budaya literasi siswa, banyak sekolah mulai menerapkan kegiatan 15 menit membaca buku non-pelajaran sebelum waktu belajar dimulai.

Untuk mendukung program pemerintah yaitu meningkatkan literasi di Indonesia yang telah berjalan sejak 2016, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia menyelengarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik atau KKN-T yang bertemakan "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional". Berbeda dengan penyelenggaraan KKN seperti biasanya, kini KKN dilakukan secara daring menyesuaikan dengan keadaan Indonesia yang masih terkena pandemi COVID-19.

Kegiatan KKN diselenggarakan di SMP Negeri 4 Bandung yang berlokasi di Jalan Samoja no.5 Bandung. Saat penulis mengunjungi SMPN 4 Bandung penulis diberikan kesempatan untuk melakukan tambahan pembelajaran untuk persiapan Asesmen Kompetensi Nasional (AKM). Dalam kegiatan ini, penulis memberikan tutorial menggunakan situs pusmenjar untuk melatih siswa mengerjakan soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Selain itu, penulis memberikan pematerian berdasarkan kisi-kisi serta contoh soal yang disediakan Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pembelajaran) dengan berbagai media. Kemudian untuk mengukur kompetensi siswa setelah diberikan pematerian, penulis membuat quizizz sehingga siswa merasa "bermain" sambal belajar. Antusiasme siswa pun sangat baik.

dokpri
dokpri

Kegiatan tambahan pembelajaran Asesmen Nasional Berbasis Komputer dilakukan setiap dua hari sekali terhitung sejak 31 Agustus 2021 hingga 26 September 2021. Setiap hari Rabu, materi serta pembahasan soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diberikan yaitu mengenai literasi baca tulis. 

Setiap hari Kamis, materi serta pembahasan yang diberikan mengenai literasi numerasi yang diselingi dengan literasi sains. Meskipun siswa telah melakukan 5 jam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta beberapa siswa mengalami kendala jaringan, namun siswa masih semangat untuk mengikuti pembelajaran tambahan persiapan ANBK. Beberapa siswa aktif mengajukan dan menjawab pertanyaan.

dokpri
dokpri

Berdasarkan kuisioner mengenai kegiatan literasi siswa diluar buku bacaan sekolah SMPN 4 bandung 74,8% responden menyatakan bahwa siswa SMP Negeri 4 Bandung suka membaca buku diluar dari buku pelajaran. 

Beberapa buku yang dibaca antara lain adalah buku mengenai budaya asing, novel, komik, ensiklopedia dan lain sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan