Mohon tunggu...
Muda

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme pada Generasi Muda

14 Desember 2016   08:48 Diperbarui: 14 Desember 2016   10:05 3212 0 0 Mohon Tunggu...

Di era globalisasi sekarang ini salah satu permasalahan penting yang dihadapi bangsa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda. Globalisasi merupakan arti yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia. Globalisasi pada saat ini sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan yang ada ditengah masyarakat, diantaranya aspek budaya dan pendidikan.  Bagi generasi muda, globalisasi dapat berdampak positif dan negatif. Dampak positif dalam globalisasi saat ini diantaranya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan bisa akses segala informasi dengan sangat mudah dan cepat. Sedangkan dampak negatifnya yakni meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan teknologi, lunturnya budaya bangsa hingga berbagai perilaku yang bisa membahayakan kelangsungan hidup masyarakat.

Selain itu, sebagai pemuda harapan bangsa, kita harus lebih peka terhadap kemajuan-kemajuan bangsa antaranya kemajuan dibidang pendidikan, teknologi , ekonomi, dan juga politik. Masalah yang paling tampak dalam kehidupan saat in yaitu pendidikan. Pendidikan memiliki arti yang sangat penting. Mengapa demikian? Kita bisa lihat di daerah terpencil yang keadaan hidupnya sangat memprihatinkan. Mayoritas anak-anak masih belum mendapatkan pendidikan yang layak hampir 50% jiwa. Pemerintah harus lebih cerdas dan antusias dalam masalah ini.

Di indonesia yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, harus di imbangi dengan sumber daya manusianya juga. Jika sumber daya manusianya tidak optimal bagaimana bisa sumber daya alamnya bisa dikembangkan.

Di negara ini juga memiliki program pendidikan yang sangat unggul diantaranya Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) untuk tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat. Bantuan ini gratis bagi siswa yang menempuh pendidikan tersebut.  Seharusnya bantuan tersebut merata di berbagai daerah penjuru indonesia. Namun pada kenyataannya masih ada anak yang belum mendapatkan pendidikan. Bangsa yang maju adalah bangsa yang dapat mensejahterakan rakyatnya terutama untuk pemuda pemudi harapan bangsa saat ini.

Tidak hanya dibidang pendidikan, bangsa juga mengalami goncangan dibidang politik. Coba kita perhatikan politik yang ada di indonesia semakin jauh dari sikap adil dan jujur. Contoh sikap korupsi yang dilakukan oleh pejabat, petinggi negara atau bangsa. Semua itu jauh dari sikap ingin memajukan politik yang ada, melainkan merusak nama baik pemerintahan RI. Korupsi dimana-mana, bagaimana bangsa bisa maju jika oknum pemerintahannya korupsi. Masyarakat indonesia mempercayakan mereka sebagai wakil rakyat untuk menyampaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kesejahteraan hidup rakyat. Namun apakah ini yang bisa menjadikan solusi dari semua permasalahan yang ada. Tidak, itu semua sangat merugikan bangsa kita.

Sebagai pemuda indonesia, kami tidak rela jika bangsa ini tercoreng dan menjadi bangsa yang primitif, bangsa yang tidak adil, bangsa yang tidak amanah.

Harapan kami adalah bangsa ini memiliki jiwa pejuang yang tinggi, rela berkorban demi tujuan yang sama yaitu memakmurkan bangsa dengan cara pendidikan harus lebih dipentingkan dan lebih diutamakan. Karena mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka layak hidup di indonesia dan suatu saat mereka pulalah yang akan memperjuangkan nasib rakyat indonesia .

Kami bangga menjadi rakyat indonesia

MERDEKA !!!!!!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x