Muda

Prabu Airlangga VII, Lomba Kreasi Baris Berbaris Semarakkan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-63

7 Desember 2017   13:21 Diperbarui: 7 Desember 2017   13:26 271 0 0
Prabu Airlangga VII, Lomba Kreasi Baris Berbaris Semarakkan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-63
apel pembukaan Prabu Airlangga VII

Kota Surabaya (Airlangga Convention Center)-Sabtu (18/11), Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) Prabu Airlangga VII tingkat nasional untuk jenjang SMA/MA/SMK dilaksanakan. Sejak H-1 pelaksanaan, segala perlengkapan perlombaan telah disiapkan dengan baik oleh panitia yang berasal dari unsur UKM Resimen Mahasiswa 801 dan dari unsur eksternal yaitu mahasiswa/i UKM lain.

Para peserta lomba mulai berdatangan ke lokasi pelaksanaan sejak pukul 6.00 WIB. Peserta yang datang dari berbagai kota seperti Lamongan, Lumajang, Tuban, Nganjuk, Situbondo, Surabaya dan lain-lain diarahkan untuk naik ke lantai 2 gedung ACC oleh LO masing-masing tim. Official tim sebagai perwakilan melakukan registrasi. Setelah registrasi selesai, tim mendapatkan konsumsi pagi berupa snack dan satu kardus air mineral gelas. Sebuah plakat juga diserahkan kepada perwakilan sekolah peserta lomba.

Pada pukul 7.00 WIB, peserta memasuki tribun yang menjadi basecamp mereka selama acara berlangsung. Acara tahunan yang turut menyemarakkan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-63 ini dibuka dengan apel yang dipimpin oleh salah satu anggota Menwa 801, Irvan Kurniawan, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2016. Komandan Satmenwa 801 menyampaikan pidato singkatnya lalu apel pembukaan diakhiri dengan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti seluruh peserta apel.

SMAN 1 Tuban tim A menunggu giliran tampil di DP in
SMAN 1 Tuban tim A menunggu giliran tampil di DP in

Berjalannya acara ini dipandu oleh 2 orang Master of Ceremony yaitu Putri Nuraini, mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi angkatan 2017 dari unsur Menwa dan Andri dari UKM Pramuka Universitas Airlangga. SMAN 1 Situbondo tampil sebagai peserta nomor urut satu. Terdapat tiga orang juri yang tersebar di tiga titik kotak display. Masing-masing juri didampingi oleh satu pendamping juri. Time keeper dan hakim garis juga berperan penting ketika tim tampil. Tiap-tiap tim memiliki 10 menit durasi penampilan. Disinilah danton dituntut untuk cermat mengomando pasukannya agar tidak melebihi waktu yang telah ditetapkan.

Sekitar pukul 4 sore, 30 tim yang ikut serta telah selesai tampil. Penghitungan skor di ruang tabulasi pun sudah rampung. Penampilan diakhiri dengan apel penutupan yang diikuti peserta lomba. Seluruh anggota tim digiring turun dari tribun lantai 2 untuk berkumpul di lantai 1 kecuali peserta yang sedang sakit. Lebih dari 9 trofi untuk berbagai kategori juara sudah dipersiapkan.

Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Pemenang lomba baris-berbaris tahunan ini diumumkan. Untuk predikat juara harapan 1 diraih oleh tim dari SMA dr Soetomo dan juara harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Tuban tim A. Predikat juara 3 jatuh kepada SMAN 1 Nganjuk dan juara kedua diraih oleh SMAN 2 Lamongan tim A. Juara pertamanya adalah SMKN 1 Trucuk, pasukan dengan kostum merah maroon dan putih dihiasi ornamen-ornamen yang menambah kegagahan serta penampilannya yang memukau dan menimbulkan decak kagum penonton akibat dari hentakan-hentakan kaki yang memberi kejutan juga kerapian barisannya yang dapat dikatakan sempurna.

tim dari SMKN 1 Trucuk dengan kostum lengkap
tim dari SMKN 1 Trucuk dengan kostum lengkap
Juara 1 Prabu Airlangga VII, SMKN 1 Trucuk
Juara 1 Prabu Airlangga VII, SMKN 1 Trucuk

Prabu Airlangga VII diakhiri dengan euphoria kemenangan dan ditutup dengan kalimat "Jangan lupa kembali lagi tahun depan" untuk para peserta yang disampaikan oleh kak Andri selaku MC.