Mohon tunggu...
anie puji
anie puji Mohon Tunggu... Guru - Mengembangkan hobby menulis, berbagi informasi dan pengetahuan lewat kompasiana

Aktifitas sebagai guru, hobby menulis sejak kecil, suka menulis di media sosial juga

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Peduli Limbah Sekolah Indah

1 Oktober 2021   19:40 Diperbarui: 1 Oktober 2021   19:49 83 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebagai perempuan, tentu tak lepas dari tugas harian di dapur. Selain kegiatan masak-memasak, sekaligus  sebagai pepulung (kumpulin sampah/limbah untuk diambil manfaat). Semua bungkus plastik selalu kupilah dan kusimpan rapi. Tas kresek,  bungkus minyak  goreng, bungkus kopi/minuman saset, masing-masing punya manfaat. Untuk sampah basah, sisa makanan, kulit sayur dan sebagainya kumanfaatkan untuk makanan ayam dan juga lele. Sampah bungkus plastik minyak goreng bisa dimanfaatkan untuk penangkaran aneka tanaman.

Kepedulian dalam memanfaatkan limbah menjadi hobby yang mengasyikkan bagiku. Dalam setiap kesempatan, begitu lihat sampah bisa jadi oleh - oleh tuk dibawa pulang.   Ada pengalaman menarik yang tak akan pernah kulupakan, dari sampah/limbah menginspirasi sehingga meraih juara propinsi, diajang lomba Kepala sekolah berprestasi. 

Manajemen sampah bukan hanya membuahkan nilai ekonomi tapi juga nilai moral. Peduli limbah sejak usia dini menanamkan karakter kejujuran ; buang sampah pada tempatnya meskipun tak ada yang melihat atau dikala sendiri. Terbiasa hidup sehat dan tertib karena tidak  buang sampah sembarangan, menanamkan kebersamaan, kerjasama dan tanggungjawab.

dokpri
dokpri
 Dengan sampah, menggali kreatifitas anak, karena dari limbah bisa diubah menjadi karya seni dan permainan yang mengasyikkan. Bungkus kopi bisa untuk menghias kelas, dibuat tirai atau yang lain. Botol-botol bekas bisa dibuat mainan pesawat terbang,  tirai maupun pot bunga yang cantik dan unik
dokpri
dokpri
Aneka karya barang bekas ini telah  memperindah sekolah menebar manfaat dan membawa berkah.
dokpridokpri
dokpridokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan