Kesehatan

Pengaruh Hidung Mampet terhadap Pembelajaran

10 April 2018   09:08 Diperbarui: 10 April 2018   09:17 867 0 0
Pengaruh Hidung Mampet terhadap Pembelajaran
Sumber: gadgetalbi.com

Zaman sekarang banyak sekali masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Terutama tentang kesehatan. Mulai dari biaya tentang kesehatan itu, tentang kalangan masyarakat yang sedang mengalami sakit, bahkan tentang penyakit itu sendiri. Nah, yang akan dibahas kali ini adalah masalah tentang penyakit itu. 

Sebenarnya, penyakit yang satu ini bukanlah penyakit yang besar. Bukan pula penyakit yang sangar parah. Sering sekali dialami oleh masyarakat Indonesia. Dari semua kalangan, dari semua umur, dari yang kecil sampai yang dewasa, bahkan yang sudah tua. Semua pernah mengalami penyakit ini. Walau memang ada, namun jumlahnya hanya sedikit orang yang belum merasakan sakit ini. Mungkin semua sudah bisa menebak ini penyakit apa. Ya, ini adalah pilek atau flu. Banyak orang yang sudah mengalami penyakit ini. Penyakit yang sepele, namun sangat mengganggu saat kita sedang melakukan kegiatan sehari-hari. 

Salah satunya adalah dalam proses belajar. Pasti kita atau anak-anak yang sedang sakit pilek dan sedang belajar, proses pembelajaran akan berjalan tidak semaksimal biasanya ketika mereka sehat-sehat saja. Memang, jika dipikir penyakit ini sangat biasa dan sangat sepele. Namun, yang membuat tersiksa adalah saat pilek itu mulai membuat hidung tersumbat atau hidung mampet. Sepele bukan? Tapi jangan salah, jika dirasakan itu sangat berpengaruh dan sangat berpengaruh dan juga mengganggu. Apalagi saat kita sedang dalam proses pembelajaran.

Saat belajar, kita atau anak-anak pastilah membutuhkan yang namanya konsentrasi agar dapat memahami pelajaran yang sedang dipelajari. Namun, pilek yang sampai mengakibatkan hidung mampet, dapat menjadi sumber berkurangnya konsentrasi. 

Hidung mampet ini tentunya mengganggu saluran pernafasan. Nafas kita jadi tidak stabil dan tidak lancar karena hidung yang tersumbat. Nah, inilah yang membuat kita jadi sulit untuk berkonsentrasi. Dan akibatnya adalah kita atau anak-anak mendapat nilai yang kurang maksimal dalam pembelajarannya. Karena dalam memperoleh ilmunya mereka kesulitan untuk bernafas.

Kesehatan sangatlah penting bagi siapapun. Banyak yang menyepelekan kesehatan ketika badan baik-baik saja. Namun, mulai merasakan pentingnya badan sehat ketika sudah sakit. Jadi mulai sekarang jaga kesehatan ya. Jangan lupa bersyukur jika diberi kesehatan oleh Tuhan, dan tetap semangat.