Mohon tunggu...
Anggia Febrianty
Anggia Febrianty Mohon Tunggu... Penulis - Anggi

Saya seorang mahasiswa akuntansi berkuliah di Unes

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

4 Prosedur Perawatan Wajah

7 November 2022   21:31 Diperbarui: 7 November 2022   22:01 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Perawatan wajah secara umum dapat dilakukan melalui beberapatahapan. yaitu :

Tahap pertama pembersihan wajah (clean face). Pada tahap ini alis, mata, dan bibir dibersihkan dengan eye make-up remover. Untuk wajah dan leher dibersihkan dengan susu pembersih (cleansing milk).Pembersihan berikutnya dapat diulang dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah. Setelah dibersihkan dengan air hangat, gunakan penyegar (face tonic  atau  astringent) yang bermanfaat untukmengecilkan atau menutup pori-pori yang terbuka ketika dibersihkan.

Tahap kedua pemijatan atau pengurutan yang dilakukan pada bagian wajah, leher dan bahu dengan menggunakan krim massage.Pengurutan dilakukan untuk melancarkan peredaran darah, sehingga kulit wajah tetap segar dan tidak  lesu.

Pemijatan dapat dilakukandengan tekanan yang ringan sampai gerakan menggetar untukmerangsang dan menenangkan urat syaraf. Setelah wajah dipijatdapat dilakukan penguapan agar pori-pori terbuka lebih besarsehingga memudahkan perawatan selanjutnya..

Tahap ketiga pengelupasan (peeling). Pada tahap ini dilakukan pengangkatan tumpukan kulit mati dengan menggunakan krimpeeling. Pengelupasan dapat membuat proses pergantian sel-sel kulit akan lebih cepat, meningkatkan aliran darah dan mempermudahpenyediaan makanan bagi permukaan kulit sehingga kulit akantampak lebih muda, cerah dan kencang.

Tahap keempat penggunaan masker yang berfungsi untukmencerahkan kulit, sehingga kulit terlihat lebih putih dan kencang.Pada tahap ini, campurkanlah bubuk masker dengan air mawar dan oleskan ke seluruh wajah, leher, dada bagian atas dan bahu. Setelah masker kering, angkat dengan menggunakan air hangat, kemudian kompres dengan air es sehingga pori-pori akan lebih tertutup.

Perawatan wajah sebaiknya dilakukan secara berurutan, karena akan menjadi dasar untuk perawatan tahap selanjutnya. Perawatan yang tidak dilakukan secara berurutan akan merusak keseimbangan pH kulit yang justru dapat menimbulkan masalah seperti kulit menjadi kasar, berjerawat dan bahkan mengalami penuaan dini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun