Mohon tunggu...
Anggi Gayatri
Anggi Gayatri Mohon Tunggu...

Mage User yang sering berkeliaran menjelajahi hutan liar imajinasinya hanya untuk menemukan sulur-sulur ajaib yang mampu menghasilkan ide-ide horor kualitas murni untuk menakuti pembaca! Contact Info : anggigayatri6@gmail.com WA +62823-6193-0449 TELP. 083183947545

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

"Meluluhkan Hati Si Salju Panas di Pedalaman Sumatera"

22 November 2018   13:28 Diperbarui: 22 November 2018   14:06 324 0 0 Mohon Tunggu...
"Meluluhkan Hati Si Salju Panas di Pedalaman Sumatera"
dokpri

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata "salju"? Salju, butiran partikel uap air yang mendingin di udara dan hanya jatuh di Eropa? Atau suatu tempat impian bagi anak-anak beriklim tropis yang sedari kecil disuguhi dongeng-dongeng Disney berlatar "frozen"? Apapun yang terdapat didalam imajinasimu adalah nyata, intinya salju merupakan sesuatu yang dingin, dapat disentuh dan mencair, seperti hati wanita pada umumnya, kan?. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa ada kawasan salju di daerah panas? Salju yang tidak pernah meleleh karena belum pernah dirayu lawan jenisnya?  

Bukan, Salju yang bersembunyi di balik pedalaman hutan Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara ini berlokasi di kaki gunung kapur, merupakan tempat wisata air panas dengan suhu 90 derajat Celcius.  Berbeda dengan kawah putih di Bandung, kawah putih Tinggi Raja dikelilingi oleh pandan hutan yang sangat tinggi, serta air berwarna biru tua dan tosca yang diselimuti oleh bongkahan-bongkahan balerang yang terbentuk alami seperti lapisan es yang tebal, tampak seperti di kutub utara! 

Keunikan yang khas dari kawasan ini adalah potensi sumber air panas yang berasal dari endapan kapur yang terbentuk melalui proses panas bumi yang mengandung balerang sehingga membentuk teras-teras tanah kapur berbukit bak di negeri dongeng. Hamparan dataran putih lembut sepanjang 35 hektar yang berkilauan diterpa matahari dengan kawah-kawah lucu sebiru samudera disetiap sisi bukitnya inilah yang membuatnya tampak seperti daerah bersalju. 

Belum lagi bebatuan kapur seperti telur-telur raksasa yang berjejer di salah satu tepi kawahnya terlihat sangat artistik dengan tambahan kawah mungil biru tua yang dialiri air panas dan senantiasa mengeluarkan asap yang bergelayut manja seperti di negeri kahyangan, sangat memanjakan mata!

Sayangnya, dari sisi yang manis dan penuh pelangi seperti imajinasi Spongebob tadi, terdapat juga sisi yang agak gelap dari tempat ini. Setiap tempat di dunia ini memiliki kisah-kisah terselubung penuh misteri yang tak kalah menariknya dari sinetron cinta-cintaan dengan beribu-ribu episode. Mitos-mitos dan legenda lokal biasanya selalu mewarnai kekosongan di rerimbunan suatu tempat objek wisata. Tak terkecuali dengan kawasan salju panas ini, terdapat beberapa mitos yang sangat terkenal. 

Salah satunya mengenai air kawah putih yang bisa digunakan untuk merebus telur. Jika merebus dua butir telur dan salah satunya hilang, maka jangan pernah menanyakan kemana perginya telur satu lagi. Kenapa?  Karena telur yang satunya lagi diambil oleh penunggu kawah putih tersebut. Ini menurut mitos Pak Bernat, guide kawah putih yang akan kamu temukan kebenarannya nanti. 

Aneh, kan? Yang lebih parah lagi adalah kejadian yang menimpa kekasihku dan hampir membahayakan teman-temannya selama berwisata disana, terkait dengan legenda lokal masyarakat Simalungun. Barangkali kamu tertarik untuk menelusuri jejak petualangan mereka nantinya.. sabar! Dengarkan dahulu ceritaku.. Cerita sedikit berat dengan konflik abstrak merepotkan yang akan membuatmu terkecoh. Kuyakin kau akan pusing, tidak jauh berbeda denganku dan sifat-sifatku yang akan kuceritakan padamu..

PERJALANAN

"Syal, topi rajut, jaket kulit tebal, kacamata, kamu serius kita bawa semua perlengkapan di list ini? Tanya Wulan. "Ya sayang, Rama bilang tempatnya itu spesial banget kayak ada salju-saljunya gitu, pastinya nanti disana dingin dong, jadi wajib bawa soalnya aku nggak mau kamu kenapa-kenapa, ungkap Andre khawatir. "Huuekkh uhukk.. uhukk.. aduhh..! Teriak Guntur sambil mengucek matanya. "Kenapa kamu Tur? tanya Andre. "Ini mata aku iritasi, gatal dan pedih melihat ke-lebay-an pasangan drama Korea tadi nih, ungkap Guntur santai. " 

Kamu sih gitu, apa-apa yang romantis dianggap norak, ya rasain nggak ada yang mau, ledek Wulan. Guntur diam saja mengingat kesalahannya dulu melepas Anin,  gadis manis yang cintanya sekarang sudah bersama Rama. Dia kemudian memeriksa tas Andre, hendak meminjam lighter "Banyak banget kamu bawa perlengkapan Ndre? 

Semuanya lebih dari dua pasang, emang mau jagain siapa aja disana? Tanya Guntur menggoda Andre lagi. " Heboh banget sih kamu kayak emak aku aja, sungut Andre. Wulan yang mendengar hal itu hanya tersenyum kecut. Dalam hatinya ia menyadari bahwa Andre memang pemuda yang suka menggoda wanita. Namun perhatian Andre yang begitu besar dan selalu memanjakannya dengan berbagai barang yang ia perlukan maupun tidak membuatnya tidak dapat melepas kekasihnya itu. Wulan akhirnya menjadi wanita yang sangat bergantung pada lelaki tanpa dia sadari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN