Mohon tunggu...
anggauin
anggauin Mohon Tunggu... Dosen - Angga Teguh Prastyo adalah dosen pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang konsentrasi studi pada penelitian skripsi mahasiswa serta pengembangan Manajemen Pendidikan Islam. Akun Youtube: anggauin

Angga Teguh Prastyo adalah dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sehari-hari mengajar pada program studi Manajemen Pendidikan Islam. Peminatan tulisan pada bidang Manajemen Pendidikan Islam serta isu-isu terkait dengan pendidikan agama Islam. Sehari-hari membuat konten mengenai penelitian dan skripsi mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tips Memilih Money Changer dan Cara Penukaran Mata Uang Asing

30 Agustus 2022   06:32 Diperbarui: 30 Agustus 2022   06:38 389 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi yang berkeinginan ke pergi ke luar negeri, kebutuhan untuk menukarkan uang asing merupakan hal yang paling utama. Biasanya masalah yang muncul adalah pertama terkait dengan di mana tempat lokasi penukaran mata uang asing (money changer) yang bisa dipercaya. Kedua bagaimana prosedur dalam menukarkan uang mata asing tersebut.

Pemilihan lokasi merupakan hal yang paling mendasar dan harus diketahui ketika kita membutuhkan mata uang asing tersebut. Seperti pengalaman saya ketika memilih tempat penukaran mata uang asing di tempat tinggal saya yakni Kota Mojokerto. 

Biasanya sebelum memutuskan tempat money changer, saya mem-browsing dulu di internet untuk memastikan tempat yang cukup representatif untuk melakukan penukaran mata uang asing.

Pembaca juga bisa melihat di berbagai macam tutorial YouTube bagaimana pemilihan lokasi tempat uang mata asing serta cara untuk menukarkannya di tempat saya berada yakni di Kota Mojokerto. 

Tempat money changer yang cukup presentatif berada di kawasan Jalan Mojopahit Mojokerto. Kawasan yang cukup populer dan elit untuk berbelanja di Kota Mojokerto. 

Tempatnya berada tidak jauh dari alun-alun kota Mojokerto. Berada di seberang Jalan Niaga. Lokasi money changer berada di persis pinggir jalan dan dengan mudah dapat ditemukan.

Pembaca pun bisa dengan mudah untuk memarkir kendaraan roda dua maupun roda empat tepat di depan lokasi money changer tadi. Setelah itu saya memasuki tempat Money Changer tadi dan langsung saya disapa oleh salah satu pegawainya. Kelihatannya pegawainya cukup ramah dan langsung menanyakan keperluan saya. Maka saya pun berkata ingin menukarkan mata uang Rupiah kepada Ringgit

Sesaat kemudian petugas tadi langsung melihat informasi update terkait dengan kurs mata uang Ringgit saat ini. Sesaat kemudian dinformasikan penukaran uang dari Rupiah ke Ringgit sekitar Rp. 3.400. 

Saya pun melakukan proses prosedur penukaran mata uang asing. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melihat identitas KTP saya. Kemudian petugasnya menanyakan berapa rupiah yang ingin saya tukarkan kepada Ringgit tadi.

 Setelah itu saya mengisi form dan ditandatangani. Setelah itu saya menukarkan uang Rupiah saya untuk dikonversi menjadi uang Ringgit. Kemudian dilakukan proses penghitungan uang yang telah ditukarkan tadi. Setelah itu saya dibuatkan nota penukaran uang mata asing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan