Mohon tunggu...
Wisata

Destinasi Wisata Edukatif yang Layak Dikunjungi Bersama Buah Hati Tahun Ini

3 Februari 2017   17:24 Diperbarui: 3 Februari 2017   17:30 251 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Destinasi Wisata Edukatif yang Layak Dikunjungi Bersama Buah Hati Tahun Ini
Foto dari https://www.arlojikita.com/jam-tangan-anak-original.html

Berlibur akan sangat menyenangkan ketika sudah dikaruniai buah hati. Terlebih jika si kecil sudah mulai penasaran dengan banyak hal. Ini adalah saat yang tepat bagi orang tua untuk mengenalkan si kecil dengan pengetahuan-pengetahuan baru sambil berwisata.

Saat ini banyak wisata yang dikemas dengan menarik dan seru tanpa mengesampingkan aspek edukasi. Nah kira-kira di mana saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk wisata edukatif dengan anak tercinta? Berikut adalah 3 kota yang layak dikunjungi untuk wisata edukatif tahun ini. Simak yuk!

Bandung

Sumber foto http://anekatempatwisata.com/
Sumber foto http://anekatempatwisata.com/
Terletak di dataran tinggi, Bandung tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga sajian kuliner dan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak heran jika Bandung menjadi destinasi wisata favorit saat libur tiba terutama oleh warga Ibukota.

Diantara berbagai jenis tempat wisata, ada beberapa tempat wisata edukatif yang bisa jadi referensi wisata bersama si kecil dengan beragam edukasi yang ditawarkan seperti:
  1. Kampung Gajah. Di kampung gajah ini menawarkan banyak wahana permainan seperti waterpark, tubby slide, outbond, ATV, dan banyak lagi.
  2. Farm House Susu Lembang. Tempat ini menyajikan berbagai banyak fasilitas wisata mulai dari kuliner, edukasi, dan sightseeing. Setiap tiket masuk seharga 20 ribu rupiah yang dibayarkan sudah termasuk susu/sosis. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati suasana ala-ala Eropa dan Hobbiton di New Zealand. Si kecil juga bisa mengenal dan berinteraksi dengan beragam satwa.
  3. De Ranch. Disini pengunjung bisa bergaya ala koboi dan mengajak anak menunggangi kuda. Konsep peternakan disini diwujudkan dengan cara pengunjung bisa melihat langsung kandang kuda dan proses perawatannya.
  4. Saung Angklung Udjo. Tempat wisata yang berlokasi di jalan Padasuka ini menawarkan edukasi budaya bangsa seperti seni wayang golek, helaran, serta menikmati pagelaran musik khas Sunda yang dibawakan dengan alat musik angklung. Dengan membayar tiket masuk senilai Rp 60.000, Anak-anak juga bisa belajar cara memainkan angklung.
  5. Boscha. Jika anda pernah menonton film anak populer di awal tahun 2000-an pasti anda familiar dengan tempat ini. Boscha adalah tempat yang pas untuk mengenalkan si kecil dengan berbagai macam benda-benda langit. Pada hari dan jam tertentu, pengunjung bisa menyaksikan secara langsung fenomena alam yang terjadi di angkasa.
  6. Rumah Strawberry. Ditengah kesejukan udara Lembang, pengunjung bisa memetik buah stroberi langsung dari kebunnya. Pemandu juga bisa mengajarkan anak proses penanaman hingga memanen buah stroberi yang sudah matang.

Batu

museum-satwa-58943fc8947e61e705caf15b.jpg
museum-satwa-58943fc8947e61e705caf15b.jpg
Kota yang dijuluki sebagai Kota Apel ini tak sekedar memiliki hawa sejuk dan panorama lahan pertanian dan gagahnya gunung Arjuno, Welirang dan Pegunungan Putri Tidur saja. Kota Batu memiliki banyak sekali pilihan wisata baik wisata alam, desa wisata, maupun berbagai amusement park. Tak heran jika Kota Wisata Batu banyak dijadikan lokasi berlibur oleh warga Surabaya, Malang, dan sekitarnya di akhir pekan.

Nah kira-kira tempat wisata edukatif apa saja sih yang layak dikunjungi di Kota Batu?

  1. Jatim Park 1 dan 2. Di Jatim Park 1 pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang memacu adrenalin, waterpark, dan juga museum tubuh. Di museum tubuh ini si kecil bisa belajar tentang organ dalam tubuh manusia dan rangka penyusunnya. Beda dengan Jatim Park 2, disini terdapat 2 wisata unggulan yaitu Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Di dalam Museum Satwa, terdapat berbagai awetan dan diorama satwa-satwa mulai dari jaman prasejarah. Lalu di Batu Secret Zoo, si kecil bisa mengenal berbagai macam satwa yang ada dengan model kebun binatang yang modern dan apik.
  2. Eco Green Park. Tempat wisata ini berwujud taman edukasi bernuansa pedesaan yang berdiri di atas lahan seluas enam hektar. Mengusung tema “Cintai Bumi”, Eco Green Park menyajikan lebih dari 35 wahana pembelajaran tentang daur ulang yang unik dan menyenangkan dan bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan gratis. Di antaranya adalah Walking Bird, Jungle Adventure, World of Parrot, Earthquake Simulator, Pengolahan Limbah dan masih banyak lagi.
  3. Museum Angkut. Tempat wisata  yang baru resmi dibuka pada 9 Maret 2014 silam, ini memiliki lebih dari 300 koleksi alat angkut klasik hingga modern dari berbagai negara di seluruh belahan dunia, mulai dengan Buick 10 Toneau yang diproduksi pada tahun 1910 hingga Hummer Limousin tahun 2004. Museum dengan konsep unik ini memiliki 16 zona yang tertata sangat hidup sesuai lansekap kota-kota ternama di dunia, seperti Venice, London, Gangster Town, Las Vegas, bahkan Holywood.
  4. Wisata Petik Apel Kusuma Agrowisata. Wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi dan sayur hidroponik bebas pestisida. Selain wisata petik, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wahana outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan flying fox. Selain di Kusuma Agro, ada berbagai wisata petik apel yang dapat ditemui di Kecamatan Bumiaji dengan pengelolanya petani setempat.
  5. Predator Fun Park. Wisata tematik ini tergolong masih baru dan memiliki berbagai macam koleksi satwa predator seperti piranha, pari dan berbagai macam spesies buaya. Tempat ini juga mengedukasi tentang pengembangbiakan dan pengeraman buaya. Bahkan para pengunjung bisa berinteraksi dan memberi makan langsung kepada satwa predator di sini.
  6. Coban Talun. Coba dalam bahasa setempat berarti Air Terjun. Tak hanya air terjun yang dapat pengunjung temui di kawasan Coban Talun. Si Kecil juga bisa mengunjungi Kebun Bunga Hortensia, Camp ala Suku Indian, dan juga penangkaran Lutung Jawa.

Bogor

Dekat dengan Ibukota, Bogor adalah pilihan sebagian besar warga DKI untuk melepaskan kepenatan di akhir pekan atau hari libur lainnya. Bogor juga dikenal dengan hawa sejuk dan berbagai tempat wisata yang ada. Yuk simak tempat wisata edukatif di Bogor yang bisa anda kunjungi sekeluarga berikut ini:

  1. Kebun Raya Bogor. Wisata edukatif satu ini sudah pasti sangat dikenal kalangan luas. Didirikan oleh Thomas Stamford Rafless di tahun 1800-an, Kebun Raya Bogor adalah Kebun Botani yang memiliki sekitar 15.000 koleksi flora. Selain mengenalkan ragam flora, pengunjung juga bisa berpiknik disana dan melihat dari dekat Istana Bogor.
  2. Kampung Horta. Pernah mendengar soal boneka Horta yang bisa tumbuh kala disiram air setiap hari? Nah di Kampung Horta, anak-anak bisa belajar membuatnya sendiri. Tak hanya itu, pengunjung  bisa ikut pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut.
  3. Kampung Wisata Agro Sentul. Di kampung wisata nan sejuk ini, anak-anak bisa dikenalkan lebih dalam dengan alam melalui berbagai kegiatan menarik yang disediakan seperti: mengenal proses pembuatan energi alternatif dari limbah kotoran, turun berladang sayur dan buah-buahan, belajar menanam padi dan membajak sawah, menangkap ikan langsung dengan tangan, membuat pupuk, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya.
  4. Taman Buah Mekarsari. Di tempat wisata yang berdiri sejak 1995 ini, si kecil bisa mengenal beragam jenis buah-buahan. Taman wisata ini memiliki koleksi 1470 varietas buah dan 100.000 pohon. Tak hanya itu, disini juga terdapat wisata outbond dan wisata air. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x