Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Generasi Merunduk Saat Ini, Dapatkah Dicegah?

25 Juli 2022   14:54 Diperbarui: 25 Juli 2022   14:57 41 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekarang ini kita sudah berada di era milenial atau lebih tepatnya suatu era dimana teknologi dan semua nya sudah sangat canggih bahkan mutakhir. Tidak heran jika banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya hanya dengan berkutat pada gadget yang mereka miliki, entah apa yang dicarinya sepertinya terlihat serius sekali dan jika kita ganggu rasanya akan membuat mereka menjadi risih dan segera pergi menjauhi kita.

Setelah itu mereka dapat dengan tenang bermain gadgetnya kembali. Peristiwa semacam ini memang sudah menjadi kebiasaan bagi semua orang dan sepertinya ada yang hampa bila tidak bermain handphone ketika sedang berada di suatu tempat terutama ruang tunggu. Dan peluang untuk diajak mengobrol sepertinya sudah sedikit sekali, palingan hanya beberapa orang saja yang mau mengajaknya mengobrol. Nampaknya terlihat lucu jika melihat semua orang sibuk dengan gadget mereka masing-masing.

Yup, inilah yang dinamakan sebagai 'Generasi Merunduk' masa kini. Suatu generasi yang membuat semua orang sibuk sendiri dengan teknologinya dan terkadang ada yang terlalu serius sehingga membuatnya terlalu merunduk. Kalau saya pribadi jujur juga iya, namun hanya untuk hal-hal yang penting saja ada kalanya saya menggunakan smartphone. Selebihnya palingan saya hanya terdiam saja sambil celingukan melihat suasana sekitar. Karena memang zaman sekarang smartphone sudah menjadi keharusan semua orang untuk memilikinya, tidak heran jika sedang berjalan-jalan banyak sekali orang yang memegang smartphonenya dan sedikit yang ditaruh tas / kantung.

Masih menjadi pertanyaan besar, kira-kira apakah bisa di cegah? Dan kalau bisa apakah untuk selamanya semua orang sepakat untuk tidak sibuk dengan gadgetnya masing-masing saat berada dimanapun, jika memang tidak perlu? Saya pun juga kurang yakin akan hal ini. Tapi disini saya akan coba memberi sedikit tips agar kita dapat terhindar sejenak dari perilaku sibuk sendiri ini alias merunduk bermain gadget.

Pertama yang perlu dilakukan adalah kita harus menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan yang positif bersama teman maupun keluarga. Cara ini terbukti ampuh untuk dapat mengusir perilaku kita dalam bermain gadget terus menerus, cobalah ajak teman-teman atau keluarga kita untuk pergi ke suatu taman ataupun ruang terbuka lainnya dan lakukanlah kegiatan bermanfaat. Seperti olahraga, bermain, seru-seruan, bercanda ketawa-ketawa dan lainnya. Selain itu buatlah kesepakatan dengan mereka jangan gunakan gadget saat sedang quality time bersama. Cari bahan obrolan positif yang dapat di diskusikan serta perbanyak bercanda saja sembari menghilangkan penat dari kepala.

Berikutnya cobalah untuk melakukan challenge ke diri sendiri untuk tidak bermain handphone selama 24 jam. Boleh gunakan asal seperlunya saja, selebihnya jangan. Challenge tersebut seperti jangan membuka dan men-scroll sosmed dalam waktu lama, jangan menonton video dalam waktu lama serta jangan browsing sesuatu yang tidak jelas. Tapi gunakanlah handphone ketika sedang keadaan penting saja, seperti harus membalas chat dari rekan kerja, atasan, teman-teman, dan sebagainya. Praktikkan lah kepada diri sendiri minimal selama 24 jam saja. Jika berhasil maka kita sudah menyelamatkan diri sendiri dari perilaku merunduk.

Dan bila gagal coba berikan hukuman untuk diri sendiri apapun itu, asal jangan terlalu menyiksa. Untuk cara ini kalian dapat menonton video di youtube yang dilakukan oleh salah satu youtuber terkenal yaitu Jessica Jane (adik dari Jess No Limit), di channel miliknya dia juga banyak sekali melakukan challenge 24 jam dan ini adalah salah satunya.

Selanjutnya kita dapat melakukan hobi yang kita sukai. Sepertinya ini jelas juga akan membuat kita sedikit terlepas dari perilaku sibuk sendiri. Karena dengan melakukan hobi yang kita sukai, secara tidak sadar kita justru menjadi girang dan enjoy melakukannya. Pada saat yang bersamaan kita juga menjadi lupa bahwa kita saat itu harus bermain gadget untuk mengisi kekosongan, tapi kita ganti dengan melakukan hobi. Carilah hobi bermanfaat yang positif dan tidak melibatkan banyak berkutat dengan gadget, ingat gadget diciptakan untuk mempermudah segalanya tapi kita juga harus bisa menggunakannya dengan bijak.

Dengan melakukan sedikit tips diatas semoga dapat membantu kita agar dapat sedikit terhindar dari kecanduan pada gadget yang menyebabkan generasi merunduk semakin bertambah. Jika sudah begini, maka akan sulit pastinya untuk lepas darinya. Terutama untuk anak-anak kecil era sekarang ini yang sudah mulai bermain gadget dan tidak ingin lepas karena saking serunya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan