Mohon tunggu...
Angga Tutur Priantoko
Angga Tutur Priantoko Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM

Mahasiswa UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Buku Panduan Microsoft Excel oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang untuk Para Guru di SDN 1 Jambesari

30 Juli 2021   07:05 Diperbarui: 30 Juli 2021   08:51 138 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuatan Buku Panduan Microsoft Excel oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang untuk Para Guru di SDN 1 Jambesari
Proses Penyerahan Buku Kepada Pihak Sekolah (Dokumentasi Pribadi)

Sabtu (24/07), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang telah melakukan kegiatan penyerahan karya pengabdian berupa buku panduan dengan judul "Panduan Pengolahan Nilai Siswa Menggunakan Microsoft Excel". Kegiatan penyerahan ini dilakukan di SD Negeri 1 Jambesari, Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Negeri 1 Jambesari Bapak Darman Utomo dan perwakilan Guru. Karya Pengabdian ini merupakan usulan program kerja dari Mahasiswa KKN yang disetujui oleh Ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN di Desa Jambesari. Pembuatan karya pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 1 Jambesari di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan juga mampu membantu guru dalam menyelesaikan tugas pengolahan nilai siswa agar lebih efektif dan efisien.

Sosialisasi Penggunaan Buku Kepada Perwakilan Guru (Dokumentasi Pribadi)
Sosialisasi Penggunaan Buku Kepada Perwakilan Guru (Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan pembuatan karya pengabdian berupa buku ini dilakukan dalam waktu 2 minggu terhitung sejak tanggal 3 Juli 2021 hingga 16 juli 2021. Kegiatan awal dalam program kerja ini adalah dengan melakukan koordinasi dan survey ke SD Negeri 1 Jambesari terkait permasalahan yang dialami oleh guru. Salah satu permasalahan yang dialami guru adalah pengelolaan nilai yang masih manual sehingga seringkali guru kewalahan dalam mengelola nilai siswa. Dari permasalahan tersebut Mahasiswa KKN menawarkan untuk melakukan pelatihan microsoft excel untuk membantu dalam pengelolaan nilai siswa. Namun, dengan diberlakukannya PPKM Darurat program pelatihan dialihkan menjadi pembuatan buku panduan dengan tetap menjaga tujuan awal untuk membantu guru memahami penggunaan microsoft excel dalam mengelola nilai siswa. Proses pembuatan buku selanjutnya dilakukan secara online termasuk melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan juga konsultasi dengan dosen pembimbing.

Produk karya pengabdian berupa buku ini memuat tentang pengenalan terhadap microsoft excel yang berguna untuk mengenalkan bagian bagian yang ada pada microsoft excel kepada para guru. Kemudian pada bagian selanjutnya dijelaskan terkait rumus rumus microsoft excel yang sering digunakan dan juga memiliki keterkaitan dengan pengelolaan nilai. Selanjutnya pada bagian akhir buku diberikan contoh untuk mengelola nilai siswa menggunakan microsoft excel dan juga pembuatan raport siswa sehingga guru dapat mengikuti langkah yang ada di buku dan mendapat pemahaman tentang pengolahan nilai menggunakan microsoft excel. Dengan dibuatnya buku panduan ini diharapkan dapat berguna bagi guru di SD Negeri 1 Jambesari dalam membantu pengelolaan nilai siswa di sekolah dan juga dapat meningkatkan kompetensi para guru di bidang TIK.

Foto Bersama Setelah Penyerahan (Dokumentasi Pribadi)
Foto Bersama Setelah Penyerahan (Dokumentasi Pribadi)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN