Mohon tunggu...
Little Hello
Little Hello Mohon Tunggu... Akuntan - Selalu dalam proses belajar

Stay Positive, Work Hard and Make it Happen

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kenali Penyebab Anda Insomnia

31 Mei 2018   06:20 Diperbarui: 1 Juni 2018   01:32 579 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Insomnia merupakan keadaan dimana seseorang memiliki gangguan tidur atau susah tidur. Kekurangan tidur dapat mengakibatkan Anda menjadi mudah lelah, perubahan mood, ngantuk di siang hari, susah berkonsentrasi dan depresi. Ada 2 jenis insomnia yakni insomnia akut (kurang dari 1 bulan) dan insomnia kronis (lebih dari 1 bulan).

Umumnya insomnia disebabkan oleh stress yang berlebih akibat tekanan dari pekerjaan. Namun ada beberapa faktor yang sering mengakibatkan insomnia yakni:

1. Kebiasaan tidur  yang buruk

Misalnya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein dan menonton mendekati jam tidur. Jika Anda menonton sebelum tidur, maka Anda akan terstimulasi sehingga susah untuk tidur. Cahaya dari gadget dapat menghambat hormon melatonin secretion yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang membantu tubuh beristirahat tepat waktu. Cahaya yang diterima oleh retina akan mengirimkan signal kepada otak masih perlu bekerja. Jadi sebaiknya hindari cahaya dari gadget satu jam sebelum tidur agar dapat memperoleh tidur yang berkualitas.

2. Gangguan medis

- Diabetes : Sel tubuh penderita diabetes tidak mampu memanfaatkan gula untuk energi sehingga  ginjal harus bekerja keras untuk membersihkan gula dari aliran darah yg disekresikan melalui urin. Penderita diabetes akan mengalami gangguan tidur dikarenakan tingginya frekuensi buang air kecil.

- Peradangan Sendi: misalnya arthritis, penderita arthritis sering mengalami nyeri sendi bahkan saat tanpa melakukan gerakan sehingga menganggu kualitas tidur atau sering terbangun saat tidur.

- Gangguan Mental : Kecemasan dan depresi juga dapat mengakibatkan insomnia. Anda yang merasa cemas tentang jumlah tidur yang dimiliki akan meningkatkan kemungkinan terjadinya insomnia. Dan depresi merupakan hal yang paling buruk yang mengakibatkan insomnia.

3. Tingginya hormon kortisol

Tingginya hormon kortisol akan mengaktifkan sistem saraf sehingga Anda  mudah terbangun setiap pagi. Anda dengan hormon korisol yang tinggi juga menjadi lebih sensitif sehingga mudah terganggu dari tidur.

4. Menjelang menopause

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan