Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... Konsultan - apa yang kutulis tetap tertulis..

good.morningandry@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Awalnya Coba-coba, Akhirnya Jatuh Cinta dengan Bank Ganesha

26 April 2018   20:48 Diperbarui: 27 April 2018   06:59 2532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengalaman malang melintang di kawasan jalan Hayam Wuruk selama kurang lebih 8 tahun akhirnya membuat saya mengenal Bank Ganesha. Saya ingat betul, tahun 2005 karena sekadar berniat menabung saya coba-coba membuka rekening di Bank Ganesha. Dan setelah ditawari beberapa produk kala itu, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening Tabungan Ganesha. Setoran awalnya cukup terjangkau sekitar 50 ribu rupiah. Itulah awal perkenalan dengan Bank Ganesha yang ternyata berlanjut selama 13 tahun, saya masih menjadi nasabah aktif Bank Ganesha.

Pengalaman Bertransaksi Sebagai Nasabah Bank Ganesha

Berdasarkan pengalaman dan komunikasi yang saya jalin dengan petugas Bank Ganesha, untuk produk Bank Ganesha pada umumnya sama dengan bank lain, Bank Ganesha memiliki produk tabungan, rekening giro dan deposito. Dan untuk rekening pinjaman atau kredit secara garis besar terdiri dari kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi.

Karena saya merupakan nasabah aktif Bank Ganesha, maka saya ingin berbagi kisah seputar pengalaman saya memiliki produk-produk dan layanan Bank Ganesha. Saya merupakan nasabah Bank Ganesha dari Kantor Cabang Hayam Wuruk, dan rekening tabungan pertama saya di Bank Ganesha adalah Tabungan Ganesha dengan nomor rekening 0001-1-05XXX-X, yang sampai saat ini masih aktif.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Beberapa bulan setelah saya memiliki Tabungan Ganesha, untuk kebutuhan simpanan dana dengan saldo yang lebih tinggi saya kemudian ditawari untuk membuka Tabungan Optima. Karakteristik dari Tabungan Optima lebih menyasar untuk kalangan menengah sehingga untuk setoran awalnya lebih tinggi dari Tabungan Ganesha, dengan saldo minimal yang harus mengendap sebesar 500 ribu rupiah. Saya tertarik dan saya setuju untuk membuka Tabungan Optima.  Saya pun secara rutin menyisihkan penghasilan dengan menyimpan uang di kedua rekening tersebut.

Dan memang pada dasarnya Bank Ganesha mengerti kebutuhan nasabah, ternyata di suatu waktu saya memiliki kebutuhan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting di tempat yang aman, akhirnya saya ditawari lagi untuk membuka safe deposit box (SDB). Saya ditawari untuk membuka SDB di Kantor Cabang Hayam Wuruk atau Kantor Cabang Kelapa Gading, karena alasan kemudahan akses saya memilih Kantor Cabang Hayam Wuruk. Saya sangat senang karena kebutuhan saya dapat terpenuhi oleh Bank Ganesha.

Seiring waktu, kebutuhan transaksi finansial saya ternyata bertambah. Saya mulai memiliki ketertarikan untuk menyimpan dana dalam bentuk valuta asing, hal ini dikarenakan saya bermaksud menabung guna keperluan berpergian ke luar negeri. Ternyata Bank Ganesha dapat memahami pula kebutuhan saya sebagai nasabah, saya ditawari produk Ganesha Dollar. Cocok dengan kebutuhan saya, dan tanpa rasa ragu lagi saya membuka rekening Ganesha Dollar.

Apakah hanya sebatas rekening Tabungan Ganesha, Tabungan Optima, Ganesha Dollar dan SDB? Nyatanya tidak. Sebagai nasabah saya bertransaksi pula untuk membayar tagihan listrik dan telepon melalui Bank Ganesha. Malah saya menggunakan jasa autodebet sehingga seluruh tagihan dibayarkan secara otomatis setiap bulannya, sehingga saya tak perlu merasa repot untuk mengantri atau cemas lupa membayar tagihan.

Hal lain yang membuat saya merasa kebutuhan transaksi saya tidak mengalami kesulitan adalah adanya kartu ATM Bank Ganesha. Sejak awal Bank Ganesha meluncurkan layanan kartu ATM, saya diinformasikan bahwa Bank Ganesha terhubungan dengan jaringan ATM Bersama, sehingga nasabah tidak perlu cemas jika akan bertransaksi di mana pun, karena jaringan ATM Bersama sangat luas. Memang transaksi melalui mesin ATM bank lain dikenakan biaya, tetapi saya memiliki argumen mengapa saya sama sekali tidak keberatan terkait biaya tersebut. Hal itu dikarenakan pelayanan Bank Ganesha yang akan saya jelaskan di poin selanjutnya.

Inovasi produk dan layanan Bank Ganesha senantiasa terus berkembang. Pada tahun 2017 bahkan saya sudah ditawari produk kartu kredit Bank Ganesha. Dan di tahun 2018 meluncurkan layanan internet banking. Sebagai catatan saya juga telah melakukan registrasi untuk kartu kredit dan internet banking.

Pengalaman Mendapatkan Pelayanan Bank Ganesha

Visi yang diusung Bank Ganesha adalah “Menjadi Bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui layanan prima.”

Sumber: bankganesha.co.id
Sumber: bankganesha.co.id
Terkait visi Bank Ganesha, untuk urusan produk yang handal dan inovatif, saya tidak memiliki keraguan sedikit pun. Jangka waktu 13 tahun sebagai nasabah aktif telah memberikan bukti nyata bagi saya bagaimana produk Bank Ganesha dapat diandalkan. Pada poin ini saya bermaksud untuk berbagi pengalaman mengenai pelayanan Bank Ganesha kepada nasabah, setidaknya kepada saya.

Pelayanan atau servis merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis sebuah bank, karena pada prinsipnya bank menjual jasa. Tak terkecuali bagi Bank Ganesha. Dan setiap bank pasti memiliki standar pelayanan yang kurang lebih sama, karena nasabah merupakan figur yang harus dibuat nyaman. Namun bagi saya pelayanan yang Bank Ganesha berikan memiliki nilai dan pengalaman yang tidak pernah saya temui di bank lain.

Jika petugas bank lain pada umumnya memberikan pelayanan kepada nasabah hanya sekadar mengikuti tata cara standar yang ditetapkan sehingga terkesan kaku, rasanya hal tersebut tidak saya temui di Bank Ganesha. Yang menjadi pembeda dalam pelayanan petugas Bank Ganesha adalah mereka memberikan pelayanan dengan hati dan kesungguhan. Artinya komunikasi yang terjalin antara Bank Ganesha dengan nasabah tidak sebatas pada pelayanan di atas kertas, tetapi ada komunikasi secara ikatan emosional, dan akhirnya saya sebagai nasabah merasa sangat nyaman dan percaya. Ada hubungan erat yang tercipta antara saya dan Bank Ganesha. Sebuah hubungan dengan rasa keakraban dan kekeluargaan. Nilai itu yang sangat membedakan pelayanan Bank Ganesha dengan bank lainnya. Tegur sapa, senyum dan respon dari setiap petugas Bank Ganesha yang saya temui senantiasa tulus dan berasal dari hati. Jauh dari kesan kaku dan  dibuat-buat, suasana menjadi cair dan akrab. Saya merasa ketika saya berkunjung ke Kantor Cabang rasanya bertemu dengan teman dan keluarga.

Selain ketulusan, pelayanan petugas Bank Ganesha sangat profesional. Mereka sangat mengerti kebutuhan dan permasalahan nasabah serta dapat memberikan solusi yang terbaik. Dalam hal ini saya merasa sangat aman dan percaya dengan Bank Ganesha. Ketika ada program pergantian kartu ATM dari format pita magnetik dengan format chip, petugas Bank Ganesha menghubungi saya untuk segera mengganti kartu ATM. Saya pun segera datang ke Kantor Cabang Hayam Wuruk, semua proses penggantian kartu dilakukan dengan sangat cepat dan mudah.

Apakah pelayanan seperti itu hanya di Kantor Cabang Hayam Wuruk saja? Saya jawab tidak, saya merasa yakin seluruh kantor cabang Bank Ganesha menerapkan pelayanan yang serupa dan optimal. Saya beberapa kali pernah berkunjung ke Kantor Cabang Mangga Dua, Kantor Cabang Kelapa Gading, Kantor Cabang Sastra Plaza Tangerang, dan Kantor Cabang Kertajaya Surabaya. Sekalipun tidak ada hal yang membuat saya kecewa dari pelayanan yang diberikan Bank Ganesha. Justru saya malah menjadi dekat dengan para petugas di Kantor Cabang tersebut. Setiap saya berkunjung ke Kantor Cabang, sejak pintu dibuka oleh petugas keamanan sampai saya selesai bertransaksi, saya merasa dilayani oleh orang-orang dekat, seperti keluarga sendiri, sehingga saya sangat terkesan. Itulah sebuah nilai yang tidak saya temui di bank lain.

***

Memang saya tidak membahas terlalu rinci mengenai spesifikasi produk Bank Ganesha, jika membutuhkan informasi lebih lanjut dapat mengakses https://www.bankganesha.co.id.  Bagi saya lebih penting membagikan kisah pengalaman saya sebagai nasabah yang telah merasakan sendiri begitu memuaskannya produk dan layanan Bank Ganesha.

Saat ini saya tetap memiliki rekening aktif Bank Ganesha, saya sengaja tetap menabung menggunakan rekening tersebut sebagai simpanan dana yang saya gunakan setiap kali hendak berwisata. Saya tidak pernah berniat untuk menutup rekening tersebut. Karena rasanya saya telah jatuh cinta kepada Bank Ganesha. Yang awalnya coba-coba ternyata jadi jatuh cinta sama Bank Ganesha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun