Mohon tunggu...
Andri Yani
Andri Yani Mohon Tunggu... Anak pertama dari 3 bersaudara

Cewek idaman para pria

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Remaja

9 Maret 2020   19:06 Diperbarui: 9 Maret 2020   19:29 428 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Remaja
maschristiant.blogspot.com

Dewasa ini masih banyak remaja yang kurang peduli mengenai pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi dirinya. Di tengah gempuran tugas dan kegiatan yang ada, banyak para remaja seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya. Contohnya, sering tidur larut malam, makan-makanan instan atau cepat saji, melewatkan sarapan pagi, olahraga tidak teratur, dan juga kurang mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Hal ini membuat remaja sekarang menjadi kurang berenergi, wajah tidak segar, berat badan yang menurun, mudah terkena flu, kurang fokus dalam belajar, dan juga dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun. Para remaja khususnya harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Sebagian besar para remaja menyepelekan arti pentingnya kesehatan bagi diri sendiri. Masih banyak diantara mereka yang beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah menjelang tua. Pemikiran yang semacam itu yang merupakan kesalahan besar karena penyakit tidak akan memandang siapa orang itu dan berapa pun usia nya. Untuk itu para remaja masih perlu banyak belajar akan arti pentingnya kesehatan bagi kehidupan mendatang yang lebih baik. Berbagai kebiasaan buruk remaja yang masih sering dilakukan beberapa diantara mereka yaitu merokok dan minum-minuman keras. Hal semacam itu sepertinya sudah dianggap menjadi hal yang sudah biasa bagi mereka.

Kita harus beranggapan bahwa sehat itu mahal. Berapa banyak biaya yang harus di keluarkan ketika kita jatuh sakit. Maka ada pepatah yang mengatakan, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tidak hanya mengenai soal biaya, tetapi berapa banyak hal positif yang bisa kita lewatkan kalau kita sampai jatuh sakit. Khususnya bagi para mahasiswa yang selalu aktif dan produktif dalam kegiatan dan perkuliahannya. 

Sesibuk apapun kegiatan kita di dalam kampus, kita tetap harus dapat menyeimbangkan pola hidup kita. Jangan sampai penyakit menyerang masa depan kita di kemudian hari.

Ada banyak Hal mudah yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Tidak membutuhkan banyak biaya, namun cukup membutuhkan ketekunan dan rutinitas. Karena kesehatan adalah asset termahal dalam hidup. Berikut beberapa Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja :

1. Makanan

Perbanyak makan-makanan sehat seperti sayur, buah, daging ikan segar, kacang-kacangan. Hindari makanan yang cepat saji karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kurangi mengonsumsi snack. Utamakan makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Jangan melewatkan sarapan pagi. Makan yang teratur (pagi, siang, dan malam). Kurangi makanan yang berlemak seperti gorengan karena dapat menyebabkan kolestrol tinggi. Berhenti makan ketika sudah terasa kenyang: Jangan makan berlebihan hanya karena masih ada sisa makanan di piring Anda. Jika sudah terasa kenyang lebih baik stop makan karena makan berlebihan juga tidak baik. Selain itu bisa membuat berat badan berlebih.

2. Minuman

Hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa buatan, dan pewarna buatan. Zat-zat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa tertimbun dalam ginjal. Hindari minuman yang mengandung alkohol karena dapat merusak fungsi hati dan otak. Perbanyak Minum Air Putih, Jauhkan tubuh kita dari dehidrasi dengan banyak meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih ini berguna untuk membuang zat-zat beracun di dalam tubuh serta membantu melancarkan metabolisme tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda kekurangan cairan yang menyehatkan ini.

3. Olahraga

Mahasiswa boleh aktif beraktivitas di kampus tapi jangan lupa dengan rajin berolahraga secara teratur. Supaya badan tetap kece dan stabil. Otak dan wajah juga menjadi segar. Tidak ada salahnya kita menyempatkan diri untuk berolahraga. Hal ini juga untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuhnya. Kegemukan atau obesitas dapat memicu tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Lakukanlah olah raga paling tidak 3 kali dalam satu minggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x