Mohon tunggu...
Andriyanto
Andriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Jika kamu tak menemukan buku yang kamu cari di rak, maka tulislah sendiri.

- Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh - Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang kamu miliki, bukan pula berasal dari siapa dirimu, atau apa yang kamu kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran kamu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Penanggulangan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya: Analisis Faktor Penyebab Tragedi

17 Mei 2024   07:00 Diperbarui: 17 Mei 2024   07:04 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Nama 42 Korban Kecelakaan Bus Studi Tour Pelajar SMK Kejadian di Subang (disway.id) 

Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu masalah serius yang dihadapi oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Peristiwa kecelakaan bus studi tour pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 di Subang yang membawa rombongan pelajar SMK Linggar Kencana, Depok baru-baru ini telah menyoroti urgensi dalam memahami dan menangani faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Artikel ini akan mengulas berbagai aspek yang sering menjadi penyebab utama kecelakaan angkutan jalan dengan tujuan memberikan wawasan dan solusi untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Faktor Kondisi Kendaraan

Perijinan Kendaraan

Setiap kendaraan angkutan yang beroperasi di jalan raya harus memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini termasuk memiliki perijinan yang valid, seperti uji KIR yang menunjukkan kelaikan jalan kendaraan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2021 mengatur ketentuan-ketentuan terkait pengujian dan rancang bangun Kendaraan Bermotor, yang bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan

Pemeliharaan Kendaraan

Kondisi fisik angkutan jalan yang tidak terawat adalah salah satu faktor utama penyebab kecelakaan. Kendaraan yang tidak mendapatkan pemeliharaan rutin sering mengalami masalah pada sistem pengereman, ban yang aus, dan kerusakan mekanis lainnya. Misalnya, kegagalan sistem pengereman pada saat kritis dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus memastikan bahwa kendaraan mereka mendapatkan perawatan yang sesuai secara berkala.

Usia Kendaraan

Kendaraan yang berusia lebih tua biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terlibat dalam kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh komponen kendaraan yang sudah usang dan teknologi keselamatan yang ketinggalan zaman. Sebagai contoh, bus yang sudah beroperasi lebih dari sepuluh tahun mungkin tidak memiliki fitur keselamatan modern seperti sistem pengereman anti terkunci (ABS) atau kontrol stabilitas elektronik.

Faktor Pengemudi

Pengalaman dan Pelatihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun