Mohon tunggu...
Andriani Novitasari
Andriani Novitasari Mohon Tunggu... Wanita yang selalu ingin belajar

Ing Ngarso Sung Tulodho. Ing Madyo Mangun Karso. Tut Wuri Handayani.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Menikmati Perjalanan dengan Jajan Hemat

5 Desember 2020   02:58 Diperbarui: 5 Desember 2020   03:44 53 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Perjalanan dengan Jajan Hemat
banner-index-ladju-5fca9fb2d541df4bbc4c6373.jpg

Pada saat perjalanan, jajan adalah kegiatan yang sulit dihindarkan apalagi dalam perjalanan panjang. Berikut ini adalah beberapa tips jajan di perjalanan agar lebih hemat:

Apabila kita akan mempergunakan transportasi kereta api ataupun bus, saran dari saya adalah sebaiknya bawa makanan dari rumah, apabila harga tiket belum termasuk pemberian makanan dan minuman gratis selama perjalanan. Jenis makanan yang bisa dipersiapkan dan dibawa dalam perjalanan kereta atau bus sebaiknya makanan yang tidak cepat basi, seperti snack kering, permen dan juga air mineral atau juga minuman kotak/kaleng lainnya. Membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah adalah hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi biaya jajan karena harga makanan dan minuman dalam alat transportasi umunya di atas harga rata-rata. 

Sedangkan apabila kita akan mempergunakan pesawat terbang, untuk maskapai tertentu kita bisa pesan makanan online (prebooking) yang dapat kita beli bersamaan ketika kita membeli tiket.  Biasanya harga makanan dan minuman prebooking jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan harga makanan dan minuman yang kita beli pada saat sedang terbang. 

Namun tentu saja untuk harga tiket pesawat yang sudah all in, kita tidak perlu kawatir karena makan dan minum sudah terjamin  dan akan disediakan sepanjang perjalanan. 

Sedangkan apabila kita akan melakukan perjalanan rombongan dengan keluarga atau teman kantor mempergunakan kendaraan pribadi, agar lebih hemat sebaiknya bawa makanan dan minuman sebelum berangkat. Makanan yang dibawa tidak hanya snack dan minuman saja namun juga bisa membawa makanan berat. Hal ini akan jauh lebih hemat apabila dibandingkan dengan jajan di restoran di sepanjang perjalanan. 

Demikian tips hemat jajan dalam perjalanan. Semoga bermanfaat. 

VIDEO PILIHAN