Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Akhir Kisah Karier Sepakbola Gerard Pique di Barcelona

6 November 2022   14:20 Diperbarui: 6 November 2022   14:30 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gerard Pique diangkat ramai-ramai sebagai bentuk penghormatan terakhirnya bersama Barcelona (sumber: bola.net/Ari Prayoga)

Barcelona baru saja ditinggal pemain andalan mereka, yaitu Gerard Pique. Pemain asal Spanyol tersebut resmi pensiun dari dunia sepakbola diusianya yang menginjak 35 tahun.

Gerard Pique memainkan laga terakhirnya bersama Barcelona pada Minggu (06/11/22) dini hari tadi, ketika Blaugrana menjamu Almeria di Camp Nou. Pada pertandingan tersebut Barcelona sukses menang atas tim tamu dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Dembele pada menit 48 dan Frankie De Jong di menit 62.

Keputusan Gerard Pique untuk pensiun dari dunia sepakbola tentu mengundang berbagai reaksi, mengingat pemain lini pertahanan asal Spanyol itu masih memiliki kontrak dengan Barcelona hingga 2024 mendatang.

Gerard Pique bisa dikatakan merupakan pemain legend yang sudah melalangbuana sejak dahulu, yang mana rekan-rekan seumurannya di Barcelona sudah banyak yang pensiun, antara lain Ineista, Puyol, David Villa, David Silva, dan tentunya Xavi Hernandez yang kini menjadi pelatihnya di Barcelona.

Tercatat Gerard Pique sudah bergabung dengan Barcelona (senior) sejak tahun 2008 sampai tahun 2022 ini. Bek asal Spanyol tersebut sempat juga bermain di Liga Inggris membela Manchester United dari tahun 2004 sampai 2008.

Gerard Pique telah memainkan setidaknya 300-an laga bersama tim berjuluk Blaugrana tersebut. Selama menjadi pemain sepakbola profesional, Pique sudah banyak meraih berbagai gelar kejuaraan bergensi bersama klub maupun negaranya, seperti trofi La Liga, Copa De Ray, Piala Dunia antar klub, UCL, dan tentunya Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa 2008 dan 2012 ketika membela Timnas Spanyol.

Gerard Pique pun memberikan pesan dan salam perpisahan untuk rekan-rekannya di Barcelona dan para pendukung setia Blaugrana.

"Saya yakin bahwa saya akan kembali di masa depan. Ini bukan selamat tinggal, saya pergi ketika saya berusia 17 tahun ke Manchester United, dan saya kembali. Kakek saya menjadikan saya anggota ketika saya lahir. Saya lahir disini, dan aku akan mati disini," ujar Pique dalam pidatonya, dilansir dari ESPN, Minggu (06/11/22).

"Ini beban dipundak saya. Bulan-bulan terakhir tidak mudah. Selalu bersaing, bermain dan memberikan segalanya, tetapi kadang-kadang berhasil, kadang tidak, seperti yang terjadi pada semua orang, tapi saya bangga. Saya pergi dengan senang hati," jelasnya sambil menahan tangis.

Sebanyak 92.000 ribu penonton di Stadion Camp Nou, kandang Barcelona mengiringi kepergian sosok pemain bertahan legendaris, Gerard Pique dengan sorak-sorai dan tepuk tangan sebagai bentuk terima kasih atas segala perjuangnya selama 13 tahun bersama Barcelona sebelum pensiun sebagai pemain sepakbola selama-lamanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun